Cara Memperbaiki Kipas Angin Sendiri Disertai GambarAbi Blog

Cara Memperbaiki Kipas Angin (Disertai Gambar)

Cara memperbaiki kipas angin ~ Saat ini kebutuhan kipas angin sudah menjadi kebutuhan yang hampir wajib dimiliki setiap keluarga. Di negara yang tergolong tropis ini, kipas angin sangat membantu kita untuk menyejukkan udara di sekitar. Selain udara yang dihasilkan cukup besar, kipas angin juga tidak terlalu banyak memakan watt / jumlah listrik.

Baca Juga :  Mencegah Panas Berlebih Pada Transistor Power Amplifier

Namun apa jadinya kalau tiba-tiba kipas angin kita berhenti berputar?! Jangan buru-buru ganti yang baru, atau kadang mengirimnya ke tempat servis yang mana padahal kita bisa mengakali dan memperbaikinya sendiri. Tentu akan lebih hemat bukan?! Perhatikan Gambar Kipas Angin berikut!

Cara Memperbaiki Kipas Angin
Cara Memperbaiki Kipas Angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin

Cara memperbaiki kipas angin sendiri:

  1. Buka seluruh penutup kipas angin (seperti pada gambar) termasuk bagian belakang kipas angin yang di gunakan untuk melindungi dinamo yang berfungsi sebagai penggerak utama jalannya kipas angin Anda.
  2. Cobalah bersihkan bagian di sekitar dinamo, kipas angin yang tiba-tiba mati atau tidak berputar bisa jadi disebabkan Karena dinamonya kotor.
  3. Bersihkan hingga tidak ada debu yang menempel di sekitar dinamo kipas.
  4. Setelah Anda pastikan telah bersih, tambahkan vaselin atau minyak pelumas pada bagian dinamo yang biasanya berputar. Jangan terlalu banyak, cukupkan saja dan cobalah putar menggunakan tangan sampai terasa lancar / tidak seret.
  5. Pastikan tidak ada minyak yang menempel atau menetes pada kelistrikan (agar tidak terjadi konslet saat di nyalakan).
  6. Cobalah menyalakan kipas angin dalam kondisi mesin tetap terbuka, amati apakah dinamo sudah benar-benar kembali berputar dengan lancar. (jika belum, ulangi step 1 sampai dengan 5). Catatan: jika kondisi dinamo baik2 saja, cobalah mengganti kabel kipas angin dengan kabel yang baru Karena bias saja, kabelnya putus.
  7. Setelah Anda pastikan dinamo kipas angin Anda berputar dengan lancar, cobalah pasang kembali semua komponen penutup lainnya.
  8. Langkah terakhir. Cobalah nyalakan kipas angin Anda! Taddaaa.. kipas angin kembali berputar lancar seperti sedia kala.

Lakukan pembersihan secara rutin, paling tidak satu bulan sekali agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, seperti terbakarnya dinamo yang dapat menyebabkan Anda harus menggantinya setara dengan harga beli kipas angin yang baru.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *