Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi dan Membuatnya Tidak Terlihat

Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi ~ Jaringan tanpa kabel biasanya lebih mudah diretas daripada jaringan berkabel. Hal ini yang membuat kita menjadi was-was tentang masalah keamanan komunikasi maupun data.

Hingga akhirnya banyak orang berfikir bagaimana caranya agar orang diluar jaringan tidak begitu mudah masuk ke dalam jaringan bahkan bagaiman jaringan kita menjadi tidak terlihat.

Baca Juga :  Apakah Arduino Microcontroller, pemahaman dasar

Pada semua jaringan tanpa kabel / nirkabel menggunakan akamat pengenal yang disebut Service Set Identifier (SSID), tanda pengenal ini yang digunakan agar bisa terhubung ke sebuah perangkat pada jaringan.

Sederhananya adalah SSID merupakan nama jaringan, dan router sebagai bagian transmisi mengirimkan informasi yang berisi tentang jaringan, termasuk SSID, hal ini untuk menunjukkan keberadaan sebuah jaringan.

Baca Juga :  Panduan Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim
Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi
Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi

Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi dan Membuatnya Tidak Terlihat

Sinyal nirkabel merupakan pancaran sinyal yang merata, jadi tidak dapat difokuskan hanya kearah satu titik saja, misalnya satu perangkat komputer saja. Dan sinyal ini tidak dapat dihentikan begitu saja hingga sampai pada penerima yang dituju dan akan terus berlanjut.

Jadi, jika saja jaringan kita tidak membawa SSID-nya , maka tidak akan ada yang tahu jaringan kita, kecuali kita sendiri. Dan jika digunakan untuk menyambungkan komputer ke jaringan via Wi-Fi seperti biasa, maka saat kita mengunjungi sebuah situs web, maka router hanya akan menampilkan sinyal data situs web tersebut, dan kompuer akan menerima informasi tersebut.

Kekurangan dengan cara ini adalah harus tetap melalui udara bebas, artinya siapapun yang berada di sekitar / radius ini bisa mencegatnya. Bahkan jika jaringan kita berhenti untuk menampilkan SSID-nya hacker akan tetap dapat menemukan dengan metode mencegat transmisi ke router atau transmisi router ke komputer.

Kesimpulannya adalah menyembunyikan jaringan bukanlah cara yang mengamankan yang efektif, tapi cukup untuk mencegah orang-orang awam untuk melihat adanya sebuah jaringan, jadi hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang melek teknologi komunikasi. Tentu ada cara dan celah masuk yang lainnya.

Jika benar-benar ingin mengamankan jaringan, ikuti langkah-langkah berikut:

Ubah kredensial admin defaultnya

Siapapun dapat mencari di internet untuk mendapatkan username dan password admin default untuk semua merk dan versi router. Maka ubahlah username dan password menurut keinginan kita.

Enskripsi dengan WPA2 dan AES

Router akan selalu memancarkan sinyal ke segala arah, tapi bisa dibuat untuk tidak mudah dicegat dengan cara mengenskripsi datanya. Dengan cara ini, sinyal apapun yang dihubungkan ke sebuah komputer hanya akan dapat dibaca oleh komputer yang dikehendaki.

Nonaktifkan fitur WPS dan UPnP

Fitur ini sangat rentan soal keamanan, terutama kemampuan untuk fitur keamanan bypass lainnya seperti firewall, jadi lebih baik dimatikan.

Inilah cara menyembunyikan jaringan Wi-Fi :

  • Masuk ke panel admin router. Atau masuk ke alamat IP 192.168.0.1 atau routerlogin.net untuk pengguna Netgear.
  • Pada kolom menu navigasi pada bagian wireless. Pada submenu, cari settingan yang menyerupai wireless setting, wireless option atau wireless > basic setting. Disitu perlu diatur SSID nya, mide saluran dan lebar saluran.
  • Cari opsi Enable SSID Broadcast dihapus atau dicentang. Ini tergantung pada jenis riuter, mungkin disebut visibility status, enable hidden wireless atau SSID Brodacast.
  • Simpan pengaturan lalu restart ulang, dan coba pada jaringan. Menjadi tidak terlihat.

Mungkin ada cara mengamankan jaringan Wi-Fi lain silahkan berkomentar.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.