Cara Mengecas Hp Tanpa Listrik Dengan Aki Motor

Diposting pada

Cara mengecas hp tanpa listrik berikut ini bukan berarti benar-benar tanpa aliran listrik ya? Kali ini saya akan mencoba membagi ilmu tentang membuat rangkaian charger handphone motor 3 ampere dengan aki. Ini artinya anda bisa mengisi batreai ponsel anda saat tidak ada charger bawaan.

Cara Mengecas Hp Tanpa Listrik Dengan Rangkaian Charger Dan Aki Motor 3 Ampere

Cara mengecas hp tanpa listrik – tak dapat di pungkiri lagi untuk masa sekarang ini, handphone ataupun smartphone sangat penting bagi semua orang di dunia pada umumnya. Alat komunikasi tersebut menjadi sangat penting bagi semua orang dengan mengingat fungsinya yang tak hanya sebatas untuk alat komunikasi. Ada banyak hal yang dapat kita gunakan pada smartphone. Berkaitan dengan hal tersebut, adanya sebuah charger sangat penting, karena baterai yang ada pada smartphone akan kehabisan daya setelah lama kita gunakan.

Pada saat anda di rumah ataupun di kantor, pasti anda dapat dengan mudah mengisi daya pada smartphone anda dengan charger. Tetapi, bagaimana jika anda sedang bepergian menggunakan sepeda motor? Anda tidak perlu kuatir untuk ini. Karena kali ini, kali akan berbagi informasi yang menarik untuk anda. kali ini mengenai cara membuat charger handphone otomatis. Pada motor dengan menggunakan ACCU atau aki yang ada pada motor anda. Charger yang akan kita buat kali ini bukanlah charger biasa melainkan charger dengan output 3 ampere. sehingga dalam pengisiannya menjadi lebih cepat, atau sering di sebut fast charging.

Baca Juga :  Skema Rangkaian Elektronika Kreatif Pada Lampu LED

Skema Rangkaian Charger dengan Dioda dan Tanpa Dioda

Ada dua jenis skema rangkaian charger yang akan kami bagikan untuk anda. Yang pertama adalah sebuah skema rangkaian charger HP motor dengan menggunakan dua buah diode. dan yang kedua adalah skema yang lebih sederhana tanpa menggunakan dioda. Kedua rangkaian tersebut menggunakan IC 7805. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat skema rangkaian pada gambar di bawah ini.

Baca Juga :  Rangkaian Elektronika Sederhana Untuk Pemula

cara mengecas hp tanpa listrik

Skema di atas adalah skema rangkaian charger HP dengan menggunakan dua dioda.

cara mengecas hp tanpa listrik dengan aki

Skema rangkaian di atas adalah skema rangkaian charger dengan tanpa menggunakan dioda.

Dari dua gambar di atas, anda dapat menyimpulkan bahwa sangat mudah dan sederhana untuk membuat charger HP pada motor yang dapat anda rangkai sendiri pada motor anda, agar dapat memudahkan anda untuk mengisi daya pada handphone anda saat sedang bepergian dengan kendaraan bermotor. Dan kedua rangkaian charger di atas dapat anda gunakan untuk mengisi daya handphone dengan berbagai merk dan type handphone anda, tergantung dengan bentuk colokan pada handphone anda.

Baca Juga :  Rangkaian Dasar Power Suplai

Anda dapat mendapatkan berbagai jenis colokan charger mulai dari microUSB, USB type-c, ataupun colokan lama yang memiliki ujung lingkaran. Anda dapat membelinya secara offline di toko komponen elektronika di sekitar tempat anda, ataupun melalui online, dengan harga yang murah dan terjangkau untuk anda. Atau mungkin, anda dapat mengambilnya dari charger HP bekas anda yang sudah tidak terpakai lagi.

Sangat menarik bukan? Sekarang anda tidak perlu khawatir ketika baterai pada handphone anda kehabisan daya saat berkendara. Cara mengecas hp tanpa listrik diatas dapat anda coba sendiri untuk merangkainya di rumah. Selamat mencoba.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.