Cara Mengecek Dioda Rusak Tanpa MultimeterAbi Blog

Cara Mengecek Dioda Rusak Tanpa Multimeter

Mengecek Dioda

Dioda adalah salah satu komponen utama elektronika yang aktif, berfungsi sebagai penyearah tegangan, pada sebuah rangkaian elektronika seperti VCD Player, Televisi, Radio, dan lain sebagainya. bagaimanakah cara mengecek dioda ?

Komponen ini memiliki banyak macam dan jenis, diantaranya Dioda Silicon atau penyearah, Dioda Zener, Dioda Light Emitting atau LED, Dioda foto, dan lain sebagainya. Dioda jenis Silicon atau penyearah umumnya dipasang pada bagian power supplai atau regulator dialat elektronik.

Nah, apakah Anda tahu rahasia mengecek Dioda yang rusak dengan mudah dan praktis tanpa menggunakan Multimeter?

Pada dasarnya, the secret is no secret tidak ada satu pun rahasia di dunia ini. Karena itulah kami akan berbagi ilmu kepada Anda tentang cara cek kerusakan Dioda tanpa Multimeter.

Cara Mengecek Dioda Rusak Tanpa Multimeter
Simbol dan bentuk fisik Dioda Rusak

Baca dulu dasar dari komponen elektronika Dioda : Pemahaman Semikonduktor Dioda

Berikut langkah-langkah mengecek kerusakan Dioda :

1. Melakukan Cek Fisik Pada Dioda

Pertama, sebelum Anda heboh mengecek terlalu jauh pada komponen ini, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi fisik Dioda. Seringkali Dioda mengalami kerusakan karena diakibatkan oleh arus berlebihan yang melebihi kapasitas Dioda.

Hal itu berpotensi tinggi membuat Dioda terbakar, ciri-ciri fisik Dioda yang terbakar yaitu terdapat retak atau pecah pada body Dioda. Atau terdapat bagian yang hangus akibat PCB yang ikut terbakar oleh panas berlebih dari Dioda.

Apabila kondisi fisik Dioda menunjukan kerusakan yang seperti penjelasan di atas, maka bisa jadi kerusakannya memang benar diakibatkan oleh arus yang melebihi kapasitas Dioda. Namun, jika kondisi fisik cukup baik, akan tetapi Dioda mati maka lanjutkan langkah kedua.

2. Melakukan Cek Dioda dengan Multimeter

Kedua, apabila Dioda Anda secara fisik masih bagus, akan tetapi Dioda mengalami kerusakan. Lakukan cara berikut ini. Untuk dapat mengecek Dioda dengan Multimeter, Anda harus melepas salah satu kali Dioda atau bila perlu kedua kakinya. Cara mengecek kerusakan ini di bedakan menjadi tiga jenis menurut kerusakannya, yakni :

a. Kerusakan akibat Dioda konslet

Jika Anda ukur dengan menggunakan Multimeter, jarum akan menunjuk ke arah angka nol ohm ketika Anda mengukurnya secara bolak balik di kakinya.

Jarum yang menunjukan angka Nol berarti tidak memiliki hambatan sama sekali.Sehingga MCB pada meteran listrik tidak stabil dan sering njeglek ketika Anda mengaktifkan rangkaian tersebut.

b. Kerusakan akibat Dioda setengah konslet

Tempelkan Anoda pada colokan warna merah dan katoda pada colokan warna hitam di Multimeter. Anda akan mendapatkan nilai tertentu saat mengukur Dioda dengan Multimeter, itu berarti masih ada sedikit hambatan yang dimiliki oleh Dioda tersebut.

c. Kerusakan akibat Dioda putus

Anda jarum tidak akan bergerak sama sekali, meskipun Anda melakukannya dengan bolak-balik. Ini menunjukan bahwa Dioda putus dan tidak memiliki hambatan sama sekali.

Metode dasar pengecekan dioda bisa dibaca di artikel berikut: Metode dasar pengecekan dan pengukuran Dioda

3. Melakukan Cek Dioda Tanpa Multimeter

Bagi Anda yang tidak memiliki alat ukur seperti Multimeter, tidak perlu berkecil hati. Masih ada cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek Dioda rusak. Yakni dengan teknik mengaliri arus listrik pada Dioda.

Gunakan baterai minimal tiga Volt atau bisa juga dengan menggunakan sebuah adaptor. Lalu silahkan menempelkan pin ( + ) Positif di kaki Anoda dan pin ( – ) Negatif pada lampu LED atau senter.

Lanjutkan dengan menghubungkan kaki lampu senter yang lain ke kaki dioda lainnya. Apabila Dioda Anda tidak rusak, maka lampu tersebut akan menyala.

Belum selesai, jangan senang dulu mengetahui lampu tersebut menyala. Anda masih harus mencoba satu langkah terakhir, yakni membalik pin baterai dan lihatlah apakah lampu tersebut menyala atau mati.

Apakah lampu tersebut menyala? Jika, YA. Anda harus berhenti bergembira, karena lampu yang menyala setelah pin baterai dibalik menandakan bahwa Dioda konslet.

Nah itulah beberapa cara mengetahui Dioda yang rusak, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat sebaiknya Anda menggunakan Multimeter. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel yang membahas tentang Dioda yang lain:

Dioda pemahaman dasar dan karakteristik

Sensor Optik Fotodioda

Dioda, jenis, fungsi dan karakternya

Dasar Pembentukan Bahan Semikonduktor

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *