Cara Menggambar Plumbing Dan Langkah-Langkah Sebelum Menggambar Plumbing

Diposting pada

Cara Menggambar Plumbing ? Plumbing merupakan teknologi pemipaan dan peralatan untuk menyediakan air bersih ke tempat yang kamu inginkan berdasarkan kualitas, kuantitas, dan kelangsungan yang memenuhi syarat.

Namun dalam proses pembuatannya kamu paling tidak memerlukan gambar teknis agar proses pembuatan terdapatalur dan skema yang tepat. Nah, jika kamu belum bisa menggambar, pada kesempatan kali ini saya tuliskan artikel tentang cara menggambar plumbing.

Sistem Cara Menggambar Plumbing

Pada dasarnya plumbing adalah tentang bagaimana membuat bangunan yang memenuhi standar kesehatan dan sanitasi air yang baik. Yang mana sistem ini di sempurnakan oleh bagaimana sistem pemipaan yang dapat mengalirkan air bersih ke tempat yang kamu tuju dan membuang air kotor ke saluran pembuang tanpa mencemari bagian penting lainnya.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghemat Penggunaan AC

Sebelum masuk ke cara menggambar plumbing, kamu perlu memilih sistem saluran atau plumbing yang kamu butuh kan menyesuaikan skema atau tata letak tempat yang perlu di plumbing. Sistem atau saluran air bersih yang terdiri atas saluran penampung air dan saluran pemadam kebakaran, lalu saluran air kotor yang terdiri atas saluran penampungan air dan saluran pemadam kebakaran.

Sedangkan bahan yang di gunakan adalah besi atau baja sebagai bahan utama untuk pemipaan saluran gas dan udara. Lapisan galvanis, PVC, plastik dan porselen juga dapat membantu pemipaan ini, tergantung / sesuai kebutuhan pemipaannya.

Baca Juga :  Pengetahuan dasar tentang tekanan statik / pressure static

Langkah Menggambar Plumbing

Lalu yang perlu kamu lakukan adalah menentukan titik-titik akses plumbing dalam perencanaan, serta menghitung pengaruhnya terhadap kekuatan konstruksi gedung. Pada konstruksi bangunan harus kamu jaga kekuatannya karena sebagai penyokong penuh.

Perencanaan melalui media gambar merupakan koordinasi antara perencanaan bangunan (sipil) konstruksi dan perencanaan instalasi plumbing. Melalui gambar bisa menjaga segi arsitektur atau estetika bangunan.

Langkah membuat gambar plumbing sebenarnya sederhana, dimulai dari memahami konstruksi rumah atau bangunan, penempatan plumbing, pemilihan sistem plumbing, penghitungan debit air, dan menghitung tekanan pada plumbing.

Baca Juga :  Memahami Komposisi dan Spesifikasi Stainless Steel Tipe 304 dan 304L

Langkah selanjutnya adalah membuat skema konstruksi rumah, khusufnya di bagian dalam atau yang akan diberi sistem plumbing, lalu menghitung jarak antar pipa, dan menyesuaikan berapa banyak debit air yang dibutuhkan.

Di bawah ini saya menyertakan contoh gambar plumbing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Cara Menggambar Plumbing
Cara Menggambar Plumbing

Semoga informasi tentang cara menggambar plumbing bisa mengurangi beban pertanyaan di kepalamu. Hal paling penting sebelum menggambar plumbing adalah merencanakan dan mengetahui konstruksi gedung atau rumah untuk menghindari kerusakan pipa.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.