Cara Menggunakan Avometer Analog dan Digital

Avometer atau yang sering disebut multitester merupakan alat untuk mengukur berbagai macam elemen elektronik. Nah, orang-orang yang berkecimpung dibidang elektronika sering menggunakan alat ini untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan. Ada dua jenis, avometer analog yang masih digunakan sampai saat ini; avometer yang menggunakan jarum sistem analog dan avometer digital yang sudah modern dengan display digital. Pada praktiknya, jenis digital lebih sering digunakan karena lebih presisi dibanding versi analog. Tapi tidak heran masih ada yang menggunakan versi konvensionalnya. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menggunakan avometer digital dan analog:

Cara Menggunakan Avometer

Cara menggunakan Avometer

Cara menggunakan Avometer Analog

  1. Siapkan avometer analog dan nyalakan tombol powernya dengan cara menekan switch ke tombol on.
  2. Siapkan benda yang akan diukur. Dalam contoh ini gunakan resistor yang akan diukur hambatannya.
  3. Arahkan tombol saklar pada avometer analog ke satuan Ohm. Jika ingin mengukur nilai volt atau ampere maka yang diarahkan ke tombol tersebut.
  4. Tentukan batas maksimal nilai ukurnya. Contoh: 1000
  5. Kemudian jepitkan probe merah ke kaki resistor satu dan probe hitam ke kaki resistor lainnya.
  6. Tunggu beberapa saat dan amati jarum pada display untuk melihat nilai hambatan resistor yang muncul.
Baca Juga :  Teknis Cara Memasang Plumbing Pipa Untuk Closet di Rumah Berlantai 2

Cara menggunakan Avometer Digital

  1. Sebenarnya cara menggunakan avometer digital hampir sama dengan penggunaan avometer analog. Hanya saja hasil perhitungannya dan tingkat ketelitiannya ditampilkan secara berbeda.
  2. Siapkan avometer digital dan resistor yang akan diukur lalu nyalakan avometer digital dengan menekan switch ke tombol on. Dalam contoh ini kita akan mengukur hambatan pada resistor.
  3. Arahkan saklar ke satuan Ohm dan nilai batas ukurnya ditentukan menjadi 1000 untuk menghindari kelebihan hambatan yang bisa merusak alat.
  4. Telakan probe merah dan probe hitam pada masing-masing kaki resistor.
  5. Tunggu beberapa saat dan amati nilai ukur hambatan yang muncul pada display. Sama seperti pada avometer analog, jika ingin mengukur volt atau ampere maka arahkan saklar ke satuan tersebut.
Baca Juga :  Prinsip Amplifier (penguat) hubungannya dengan Hukum Kekekalan Energi

Itulah cara penggunaan avometer digital dan analog. Penggunaan avometer digital lebih disarankan karena ukuran desimal yang terbentuk memiliki akurasi yang lebih baik daripada mengamati jarum konvensional pada avometer analog.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
Baca Juga :  Cara Mudah Menyambung Pipa Instalasi Plumbing

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *