Cara Menghemat Listrik AC Pada Penggunaan ACAbi Blog

Cara Menghemat Listrik Pada Penggunaan AC

Cara Menghemat Listrik AC

Air Conditioner atau disingkat AC merupakan salah satu cara praktis dan efektif untuk menyejukkan ruangan gerah. Tetapi dingin AC pada ruangan Anda ini, tidak menyejukkan sama sekali di kantong. Pasalnya, penggunaan AC di rumah atau di kantor akan menyita 50% konsumsi daya pada energi listrik rumah Anda, lantas bisakah Anda hidup tanpa AC?? Lalu bagaimana cara menghemat listrik AC ?

Baca Juga :  Cara Kerja Alat Pendingin Ruangan

Jika masih bisa sebaiknya ganti AC dengan cara lama yaitu kipas angin atau buka jendela Anda lebar-lebar dan nikmatilah AC alami, akan tetapi jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lagi lepas dari benda elektronik satu ini. Simak tips berikut, kami akan memberi alternatif solusi untuk membuat penggunaan AC di rumah namun tetap hemat listrik.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Genset Dan Manfaatnya
cara menghemat listrik AC
Cara Menghemat Listrik  AC

Beberapa Langkah Cara Menghemat Listrik AC :

1. Memilih AC yang hemat energi

Banyak produsen-produsen elektronik yang mulai jeli membaca kebutuhan pasar, mereka berlomba-lomba membuat AC hemat energi dengan kualitas yang baik. Sehingga ruangan Anda tetap sejuk dan kantong Anda tidak kegerahan karena tagihan listrik bulanan.

Pilih AC yang hemat energi akan tetapi memiliki evaporator pendingin yang cukup besar, serta kipas yang besar juga agar ruangan cepat sejuk dan seimbang.

2. Memilih AC yang ramah lingkungan

Sejalan dengan peraturan pemerintah 55/M-DAG/PER/9/2014 yang berisi larangan penggunaan untuk menggunakan freon jenis R22 yang berpotensi merusak Ozone. Maka sebagai warga negara yang baik dan konsumen yang cerdas, pilihlah freon dengan bahan dasar hidrokarbon yang ramah lingkungan.

3. Menentukan Kapasitas AC

Acuan dasar kapasitas AC atau disebut juga PK adalah sekitar 600 BTU/m2/jam, kebanyakan orang membeli dan memilih AC dengan PK yang jauh lebih besar dari pada kebutuhannya.

Padahal, hal itu justru akan membuat tagihan listrik rumah Anda akan semakin membengkak, karena itu pilihlah AC yang sesuai dan tepat agar energi Anda tidak terbuang sia-sia.

4. Gunakan Timer Pada AC Di Malam Hari

Tidak harus AC Anda hidup terus-menerus di malam hari, karena suhu pada malam hari cenderung dingin. Jadi, gunakan timer untuk mematikan otomatis AC Anda ketika Anda sudah tertidur. Matikan juga AC disaat ruangan tidak digunakan.

5. Bersihkan AC secara berkala

Perawatan AC yang rutin dan berkala akan membuat listrik di rumah Anda lebih hemat hingga dua puluh persen, karena debu-debu yang hinggap dan melekat pada kondensor akan mengganggu sirkulasi udara pada AC.

6. Pakailah Lampu Induksi

Dengan menggunakan lampu induksi beban AC akan berkurang, karena lampu induksi tidak mengeluarkan panas yang memperberat kinerja AC.

Itulah beberapa tips cara menghemat listrik AC yang dapat membantu menghemat listrik dari penggunaan AC, Anda bisa menerapkan metode di atas baik di rumah maupun di kantor.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *