3 Cara Menghilangkan Daya Magnet

Diposting pada

Banyak yang belum tahu cara menghilangkan daya magnet, karena sering kali kita terganggu dengan beberapa alat dan perabotan yang ber-magnet. Sebelum kita bahas cara menghilangkan daya magnet sebelumnya kita memahami dulu apakah magnet itu.

Cara menghilangkan Daya Magnet
Cara menghilangkan Daya Magnet

Pengertian Magnet

Magnet berasal dari kata magnesia yang juga merupakan bahasa Yunani yang berarti batu magnesian. Batu magnet yang pertama kali ditemukan, adalah jenis magnet alam yang tetap. Namun sekarang, magnet buatan telah banyak dibuat dan beredar untuk keperluan manusia sehingga, kita tidak perlu lagi bersusah mencari magnet tetap (alam). magnet memiliki sifat- sifat tertentu yaitu:

1. Dapat menarik benda-benda tertentu

Pada dasarnya, magnet dapat digunakan untuk menarik jenis benda tertentu seperti halnya logam. Meski demikian, tidak semua jenis logam dapat ditarik dengan magnet. Jenis logam yang memiliki daya tarik tinggi oleh magnet adalah besi dan baja.

Baca Juga :  Langkah-langkah pembuatan PCB secara manual

2. Magnet memiliki 2 kutub

Magnet memiliki 2 tempat dengan gaya magnet yang paling kuat. Daerah yang memiliki gaya magnet paling kuat tersebut diberi nama dengan kutub magnet. 2 kutub magnet sendiri adalah kutub utara atau U dan kutub selatan atau S.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai magnet dengan tulisan N serta S. Dalam hal ini, N menjelaskan jika arah yang ditunjukkan adalah north (utara). Sedangkan S, menjelaskan kutub selatan yakni south.

Dalam menggunakan magnet permanen, sebaiknya berhati-hati jika tidak mau daya magnet-nya hilang.

Baca Juga :  Perhitungan pada Transformator Inti Udara

Cara menghilangkan daya magnet

Berikut ini adalah perilaku atau tindakan yang bisa menghilangkan daya magnet

1. Magnet dipukul-pukul

Magnet yang jatuh atau mungkin dipukul pada benda yang keras layaknya lantai, dapat membuat daya magnet menjadi hilang. Terlebih jika magnet tersebut jatuh dari ketinggian, maka sifat magnet dapat sedikit demi sedikit berkurang hingga pada akhirnya hilang sama sekali.

2. Dengan cara dipanaskan

Selain dengan cara dipukul-pukulkan, daya magnet juga bisa hilang jika dipanaskan. Saat magnet terkena panas, entah panas yang berasal dari pembakaran, panas mesin atau karena direbus, maka pada saat itulah daya magnet hilang.

3. Dialiri arus bolak balik

Perubahan arus listrik ternyata dapat mempengaruhi letak serta arah pada magnet elementer. Saat letak dan arah magnet akibat AC berubah, maka di saat itulah, daya pada sebuah magnet menghilang.

Baca Juga :  Cara Menghitung Resistor Axial Kode Warna Dan Angka

Hal-hal di atas dapat menyebabkan sifat magnet hilang sehingga diperlukan kehati-hatian dalam merawat magnet yang anda miliki. Bukan hanya itu, namun proses demagnetisasi juga dapat menghilangkan sifat atau daya pada magnet.

Demagnetisasi dapat dilakukan dengan cara memberikan medan magnet dengan arah yang berlawanan dari kutub magnet.

Demikian cara menghilangkan daya magnet yang mungkin bermanfaat ketika anda merasa terganggu dengan adanya magnet di peralatan dan perabot anda.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.