Cara Mudah Menyambung Pipa Instalasi Plumbing

Hal ini sesuai dengan jenis instalasi yang wajib didesain sebaik mungkin karena selain berpengaruh terhadap kesehatan, juga menjamin kenyamanan di dalam hidup berumah tangga. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya tentang cara menyambung instalasi plumbing. Tak perlu risau, artikel yang saya tuliskan kali ini akan menjawab pertanyaanmu.

Cara Menyambung Instalasi Plumbing, Pipa PVC Untuk Instalasi Air
Cara Menyambung Instalasi Plumbing, Pipa PVC Untuk Instalasi Air

Cara Menyambung Instalasi Plumbing

Pentingnya Memperhatikan Penyambungan Pipa

Penyambungan instalasi plumbing sembarangan bisa membuat kerusakan pipa, padahal pipa sudah tertanam di dalam dinding atau di bawah lantai yang akan sulit untuk diubah-ubah lagi, kecuali dengan menghancurkan dinding atau lantai.

Tentu kamu tidak ingin kejadian ini menimpamu. Maka dari itu, cara menyambung instalasi plumbing harus direncanakan dan dipahami sebaik mungkin.

Penyambungan Pipa PVC untuk Instalasi air

Untuk fokus pembicaraan, saya akan mengulas tentang cara mudah memasang atau menyambung pipa instalasi air yang menggunakan pipa berbahan PVC.

  • Silakan memotong pipa dengan gergaji sesuai dengan ukuran dan panjang yang kamu butuh kan.
  • Gunakan sambungan pipa menggunakan bahan yang berkualitas dan jangan tergiur penawaran harga murah.
  • Silakan membersihkan, lalu mengasarkan bidang pipa yang akan kamu sambung dengan cara diampelas pada dua bagian yang akan disambungkan.
  • Oleskan lem untuk pipa PVC di kedua bidang, lalu sambungkan dan tekan beberapa saat.
  • Biarkan sambungan mengering dan setelah (mengering) silakan dialiri air.

Cara menyambung instalasi plumbing tidak hanya tiga poin seperti di atas. Saya masih memiliki tips tambahan yang perlu kamu perhatikan. Tips-tips tersebut terdiri atas:

  • Untuk mencegah kerusakan pada pipa instalasi air bersih yang ada di rumah, entah dari jaringannya atau dari segi keawetan kran air yang digunakan, alangkah lebih baik kamu menggunakan bahan yang berkualitas meski memiliki harga yang lebih mahal dari produk biasa.
  • Saya menyarankan jika pipa yang akan ditanam di bawah lantai atau di dalam dinding, silakan memilih pipa dari besi dan bukan dari bahan PVC, sedangkan jalur pipa air sebaiknya kamu lewatkan pada daerah atau tempat yang tidak terlalu banyak ditimbun, serta masih dalam area tanahmu sendiri agar tidak menimbulkan masalah di lain hari.
Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *