Cara pengetesan remote control unit pada main engine

Cara pengetesan remote control unit pada main engine  

   Bagaimana cara pengetesan remote control unit pada engine di kapal?

   Dalam pembahasan ini, saya akan mencoba menjelaskan langkah- langkah penting dalam pengetesan sistem remote control main engine sebuah kapal.

   Pada dasarnya sebuah kapal memiliki main engine/ mesin utama yang dapat di operasikan secara lokal ( dari ruang engine / ruang mesin) maupun secara remote control dari anjungan kapal. remote control di sini di artikan secara umum adalah mengendalikan suatu proses kerja atau sistem dari jarak jauh.

   Langkah- langkah pengetesan tersebut akan saya jelaskan sebagai berikut

Cara pengetesan remote control unit pada main engine
Main Engine
  1. Menghubungkan semua kabel listrik dan kabel kontrol yang diperlukan serta pipa- pipa pneumatik untuk bagian-bagian yang relevan dari unit sesuai dengan gambar prinsip listrik yang tentunya hal ini disediakan sebagai arsip kapal. Termasuk di dalamnya ( yang harus di persiapkan) kesiapan pekerjaan di Bridge Control Console ( konsol kontrol anjungan) , Engine Room Control Console( konsol kontrol ruang mesin), Valve Box , Local Manouvre Console dan kelengkapan tachometer.
  2. Operasikan terlebih dahulu dengan pengujian/ testing lokal (Operate Location Change over Testing) . Tes fungsi interlock dengan mengoperasikan tombol changeover di lokasi ( engine room) untuk memverifikasi/ meyakinkan bahwa fungsi changeover transfer kontrol berfungsi dengan benar . Tes fungsi interlock dengan mengoperasikan fungsi changeover jika transfer kontrol antara anjungan dan Control Engine Room (CER) bekerja dengan benar dan CER harus lebih diutamakan sebelum pengoperasian dari anjungan.
  3. Pengujian / pengetesan dari Ruang kontrol mesin ( Control Engine Room) . Dengan mengoperasikan switch yang relevan dan tombol untuk penguji utama mesin yaitu 

    start interlock , start, stop , overide , emergency stop dan fungsi batas kecepatan ( wave speedlimite). Dengan mengoperasikan handle manouvre multi-fungsi pada konsol ruang mesin sesuai dengan perintah dari anjungan untuk menguji apakah fungsi remote control sudah benar .

  4. Dengan mengoperasikan switch yang relevan dan tombol untuk menguji overide emergency stop dari sistem remote control.
  5. Pengoperasian test manouvre multi-fungsi dari anjungan konsol untuk menguji apakah fungsi remote control sudah benar .

   Yang terpenting disini adalah semua sistem yang terhubung harus sudah siap di operasikan, terutama pada sistem safety device yang memiliki peranan sebagai pengaman pada saat pengoperasian main engine.

   Untuk mengetahui seluk beluk sistem safety device main engine akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Cara pengetesan remote control unit pada main engine
Loading...
loading...
2 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *