Cara Perawatan Plumbing: Jangan Lupa Memeriksa Instalasi Plumbing Tandon Rumahmu!

Hai, selamat berjumpa lagi. Pada pertemuan kali ini saya akan mengulas tentang cara perawatan plumbing, tepatnya tandon air dinding tangki yang seharusnya tidak memiliki retakan apa pun. Apalagi kebocoran di sekeliling tangki yang harus bersih, sehat dan dijaga jangan sampai kotoran dapat masuk ke dalam tangki.

Cara Perawatan Plumbing
Cara Perawatan Plumbing

Cara Perawatan Plumbing

Langkah Merawat Tandon Air

Pada pertemuan kali ini saya akan memberikan informasi untukmu tentang cara perawatan plumbing pada tangki dengan langkah seperti pemeriksaan secara berkala. Tutup lubang tangki yang harus dibuka dan dilihat kira-kira terdapat karat atau terdapat endapan. Lalu melihat kira-kira terdapat lapisan minyak di permukaan air, serangga, atau bahkan adanya tumbuhan yang muncul di dalam tandon.

Namun, tidak hanya langkah-langkah tersebut yang perlu kamu perhatikan. Hal penting lainnya yang pantas kamu cermati adalah pemeriksaan kualitas air sewaktu memeriksa isi tangki. Sebaiknya kamu ambil air yang perlu kamu analisa, bergantung dari sumber air tersebut kamu dapatkan.

Begitu juga dengan pemeriksaan ketinggian muka air pada tandon yang berfungsi untuk menjaga ketinggian air agar kamu bisa menggunakan katup-katup dengan pelampung.

Pemeriksaan perlu kamu lakukan khususnya di bagian yang bergerak, bagian yang bergesekan, dan yang utama di bagian yang saling menempel dengan rapat untuk menghentikan aliran air.

Memeriksa Beberapa Bagian pada Tandon Air

Pada paragraf kedua merupakan langah awal dalam merawat tandon. Di bawah ini akan saya berikan langkah-langkah selanjutnya dalam merawat plumbing tandon air di rumahmu.

  • Pemeriksaan pipa 1: yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa kebocoran, karat, dan lain sebagainya. Pemeriksaan dilakukan guna mengetahui kebocoran yang kamu lakukan secara berkala. Untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi. Seringkali kebocoran terjadi disebabkan bahan atau akibat pengerjaan pipa yang asal-asalan, kesalahan atau kurang baiknya pemasangan pipa yang berakibat turunnya tanah tempat pipa tertanam. Dan karat yang timbul karena lingkungannya yang korosif atau lapisan penahan karat sudah terkelupas.
  • Pemeriksaan laju aliran dan tekanan air: yang perlu kamu periksa agar tidak terjadi penyumbatan kotoran atau endapan di dalam pipa karena kesalahan dalam mengoperasikan katup atau perlengkapan instalasi dan bisa juga kesalahan dalam perencanaan.
  • Pemeriksaan pada penyangga atau penggantung pipa penyangga: hal ini dimaksudkan agar kamu bisa memeriksa kira-kira penyangga dapat menanggung berat pipa dan air di dalam pipa. Oh iya, memberikan pembungkus pada penyangga bisa jadi alternatif untuk meminimalisir tegangan maupun kebisingan yang bisa saja merusak pipa.
  • Pemeriksaan pompa air: hal ini bertujuan untuk memelihara pompa sebagai penyedia air. Kamu perlu memeriksa tekanan pompa, arus listrik, tegangan listrik, tingkat kebisingan, dan getaran. Kamu bisa memeriksa dimulai dari seat dan kopling, lalu kelonggaran antara poros dengan bantalan.

Nah, setelah membaca beberapa poin di atas. Saya rasa kamu sudah tak bingung lagi soal cara perawatan plumbing pada tandon air di rumahmu.

Semoga informasi ini sedia memberikan jawaban atas pertanyaanmu. Sekian dari saya dan terima kasih.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *