Cara Sederhana Untuk Melihat Black Hole di Luar Angkasa

Diposting pada

Tidak perlu rumit-rumit untuk menikmati pemandangan di “Black Hole” atau lubang hitam yang sangat misterius. Hanya dengan menggunakan teleskop 20cm sudah bisa merasakan kedekatan dengan area “Black Hole”

Bagaimana caranya?

Dikemukakan oleh tim peneliti internasional bahwa untuk melihat fenomena pada Black Hole, bisa diamati dengan munculnya cahaya yang tampak selama terjadi ledakan di Black Hole, cahaya yang berkedip yang muncul dari gas di sekitar “lubang hitam” adalah merupakan indikasi munculnya fenomena tersebut.

Jadi tidak harus menggunakan sinar optik ataupun sinar-X untuk mendapatkan data pengamatan yang dapat diandalkan untuk memantau aktivitas pada “lubang hitam”.

Baca Juga :  Pengertian Bioteknologi Beserta Pemanfaatannya Dalam Kehidupan
Fenomena Black Hole ( Lubang Hitam)
Fenomena Black Hole ( Lubang Hitam)

Setelah sekian lama, beberapa binari lubang hitam mengalami ledakan, dimana sejumlah energi termasuk sinar-X dipancarkan dari zat yang jatuh ke dalam lubang hitam. Lubang hitam dikelilingi oleh accretion disc (disk akresi), dimana gas dari sebuah bintang pendamping secara perlahan ditarik kelubang dalam pola spiral. Pengamatan pada lubang hitam biasanya menggunakan sinar-X yang dihasilkan di bagian dalam dari disk akresi dimana suhu di area tersebut mencapai 10 juta derajat Kelvin, bahkan lebih.

Baca Juga :  Temu Pengusaha Solo Raya bersama Subiakto

V404 adalah salah satu binari lubang hitam yang dianggap paling dekat dengan bumi, terbentuk setelah 26 tahun dormansi pada 15 Juni 2015 karena mengalami ledakan.

Tim peneliti berhasil memperoleh data bahwa terjadi pola berulang yang memiliki rentang waktu dari beberapa menit hingga beberapa jam. Pola fluktuasi optik ditemukan berkolerasi dengan data dari sinar-X.

Berdasarkan analisis data pengamatan dari optik dan sinar-X, para astronom menunjukkan bahwa cahaya berasal dari sinar-X yang muncul di area disk terdalam pada lubang hitam. Sinar-X ini menyinari dan memanasi area sekitar area luar dari disk sehingga memancarkan sinar optik dan dengan demikian menjadi terlihat hanya dengan menggunakan mata manusia.

Baca Juga :  Beberapa Teknologi Yang Bakal Usang di Tahun 2025
Melihat Fenomena Black Hole melalui Teleskop 20cm
Melihat Fenomena Black Hole melalui Teleskop 20cm

Begitulah metode ilmiah , kenapa hanya dengan cara sederhana kita dapat mengamati fenomena misterius di dalam area blac hole atau lubang hitam di angkasa. Silahkan mencoba dengan menyediakan teleskop 20cm.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.