Cara Solder Komponen Ke PCB Yang Benar

Diposting pada

Menyolder adalah bagian terpenting dalam proses reparasi, meskipun tidak semua reparasi membutuhkan penyolderan. Akan tetapi, jika Anda tidak tahu cara menyolder yang benar, jangan harap Anda bisa menjadi seorang teknisi yang handal. bagaimana cara solder komponen yang benar ?

Salah satu ketrampilan seorang teknisi adalah menyolder, tapi tahukah Anda hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menyolder komponen elektronik pada  PCB? Perlu memahami cara solder komponen yang benar sebelum melakukan pekerjaan ini. Menyolder bagian ini sangatlah riskan, apabila Anda tidak berhati-hati akan timbul masalah fatal pada rangkaian.

cara solder komponen yang benar
Cara Solder Komponen  Yang Benar

Bagaimana cara membuat PCB secara manual? Baca posting ini : Langkah-langkah pembuatan PCB secara manual

Alat yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menyolder

Sebelum Anda menyolder, siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang dibutuhkan, diantaranya Solder dengan daya 30 sampai 40 watt, Kawat Timah, Amplas halus, Board PCB, dan komponen Elektronika.

Baca Juga :  Cara membuat rangkaian pendeteksi suara sederhana

Teknik/ Cara solder komponen yang benar ke PCB

Solder yang bagus adalah, solder mampu melelehkan timah dengan sempurna tetapi tidak terlalu panas sehingga tidak akan merusak komponen serta Board PCB. Daya yang ideal untuk solder sekitar 30watt  – 40watt. Karena IC, Transistor, dan beberapa komponen lain tidak tahan terhadap panas yang berlebihan.

1. Membersihkan Solder Sebelum Digunakan

Bersihkan terlebih dahulu ujung solder dari berbagai kotoran dan sisa timah yang menempel, sebelum solder digunakan.

2. Sambungkan Solder Ke Listrik

Jika sudah yakin solder benar-benar bersih, selanjutnya colokkan solder ke sumber tegangan listrik.

Baca Juga :  Mengenali Komponen Elektronika Dasar

3. Tunggu Solder Panas Sempurna

Proses pemanasan solder biasanya memakan waktu kurang lebih 5 menit sampai 10 menit untuk mendapat panas yang sempurna.

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat PCB ? Jawabannya lihat disini : Alat – Alat untuk pembuatan PCB dan kegunaanya

4. Amplas Permukaan PCB

Sambil menunggu solder panas dengan sempurna, Anda bisa mengisi waktu dengan mengamplas permukaan PCB. Mengamplas permukaan PCB ini berfungsi untuk membersihkan permukaan dari lapisan yang dapat membuat timah Anda tidak dapat menempel dengan sempurna.

5. Mulai Menyolder

Setelah solder panas dengan sempurna, ambillah timah beserta komponen yang hendakAnda solder ke PCB, masukkan kaki-kaki komponen ke dalam lubang yang terdapat pada PCB. Arahkan ujung solder Anda ke ujung timah sambil didekatkan kepangkal kaki komponen di PCB, solder hingga seluruh pangkal kaki pada komponen tertutup oleh timah dengan sempurna.

Baca Juga :  Cara Kerja Plumbing dan Teknis Pengerjaan Plumbing

Jangan terlalu lama menempelkan ujung solder ke kaki komponen, karena panas bisa mengalir dari kaki komponen ke board PCB. Pastikan juga timah mencair dengan sempurna agar solderan matang dan kuat. Itulah beberapa kiat teknik menyolder komponen elektronika ke board PCB yang baik, benar, dan aman.

Demikian panduan cara solder yang benar ini semoga bermanfaat.

Untuk mempelajari bagian – bagian PCB baca : Mengenal dasar, jenis dan bagian PCB (Printed Circuit Board)

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.