Contoh Elektronika Praktis Cara Membersihkan PCB

Diposting pada

Contoh Elektronika Praktis Membersihkan PCB Menggunakan Vixal Dan Vanish

Contoh elektronika praktis untuk membersihkan PCB dengan cepat, bagaimana ya kira-kira?! Jawabannya adalah memakai vixal dan vanish! Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah PCB dengan menggunakan software atau aplikasi seperti express PCB atau eagle PCB.

Setelah gambar jalur pada PCB telah di buat, tentunya gambar tersebut harus di cetak pada permukaan tembaga di PCB. Setelah gambar jalur telah tercetak pada permukaan tembaga pada lembar PCB, PCB tersebut harus di larutkan atau etching.

PCB yang telah di larutkan, akan tersisa adalah cetakan jalur yang nantinya akan menjadi jalur pada PCB. Pada umumnya, proses pelarutan atau etching pada PCB menggunakan cairan ferric chloride (fecl3) yang memiliki sifat mampu melarutkan tembaga.

contoh elektronika praktis cara membersihkan PCB

Dalam praktek contoh elektronika praktis ini, kita bisa mendapatkannya di toko komponen elektronika. Membersihkan atau melarutkan PCB dengan bahan ferric chloride etching PCB sebenarnya kurang efektif. Selain prosesnya lama, ini juga tidak akan menghapus dengan sempurna. Selain memakan waktu yang cukup lama, harga ferric chloride sendiri masih tergolong mahal.

Baca Juga :  Kapasitor Bank

Ada sebuah alternatif lain untuk menggantikan ferric chloride untuk pelarutan PCB, yaitu pada umumnya para teknisi elektronika menggunakan cairan HCL, H202 , H2o atau air. Dengan menempuh cara ini, anda akan merasakan lebih tentang efektifitas waktu. Hasilnya yang maksimal bila di bandingkan dengan menggunakan cairan Ferric chloride untuk melarutkan tembaga pada PCB. Namun,  HCL, H2O2 , H2O agak susah di cari. Dan alternatif lainnya, anda dapat menggunakan cairan pembersih seperti Vixal dan Vanish. Vixal dan Vanis adalah salah satu cairan alternatif untuk melarutkan PCB.

Contoh Elektronika Praktis untuk PCB

Mungkin anda tidak asing lagi dengan Vixal dan vanish, karena anda sering mendengar dan melihat pada iklan di TV. Dan yang perlu anda ketahui adalah, ternyata vixal dan vanish juga memiliki kandungan HCL dan H2O2 sebesar 17% dan 50% yang dapat melarutkan tembaga pada PCB dengan mudah. Proses pelarutan yang di lakukan dengan ke dua cairan pembersih ini juga sangat cepat, serta yang paling penting kita bisa menemukan kedua cairan pembersih ini dengan mudah di toko-toko kelontong ataupun supermarket di sekitar anda.

Baca Juga :  AC Relay Dan Jenis Kelompoknya

contoh elektronika praktis

Cara melarutkan PCB dengan vixal dan vanish tidak jauh beda dengan cara melarutkan dengan bahan kimia seperti ferric chloride dan yang lain-lain. Berikut adalah langkah-langkah untuk melarutkan tembaga pada PCB.

  1. Anda persiapkan alat dan bahan yang terdiri dari PCB yang akan di sablon atau di cetak, Vixal, Vanish, sendok untuk mengaduk, dan air.
  2. Campurkan vixal, vanish dan air ke dalam baskom dengan perbandingan 1:2:4 dan jangan lupa di aduk dengan menggunakan sendok agar tercampur rata.
  3. Masukkan PCB yang akan di larutkan ke dalam cairan tersebut sambal di goyang-goyangkan agar tembaga cepat larut.
  4. Angkat dan PCB dari air dan lap hingga kering
  5. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan tiner A setelah di keringkan, lalu berikan minyak gondorukem dan jemur di bawah terik matahari selama 10 menit.
  6. Hasil akan lebih mengkilap dan tahan lama seperti pada PCB dari pabrik.
Baca Juga :  Teknologi Masa Depan Perovskites komponen elektronik berbasis keramik

Hal ini dapat anda pelajari sendiri di rumah dengan mudah, dan bahan yang mudah untuk anda dapatkan. Selamat mencoba salah satu contoh elektronika praktis ini ya?!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.