Kenapa CPU Panas dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

CPU Panas dan Cara Mengatasi ~ Bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan tentang seluk beluk CPU, pasti pernah mengalami kebingungan, dalam hal bagaimana mendeteksi CPU komputer yang sedang dalam kondisi kepanasan.

Tentu saja cara yang paling mudah adalah dengan menyentuhnya, tapi apakah ada cara lain yang bisa benar-benar memastikan bahwa CPU komputer sedang kepanasan?

Hitungan normal Suhu CPU berada antara 39 hingga 49 derajat celcius dalam kondisi idle (tidak menjalankan program yang berat) dan level 60-an derajat celcius ketika menjalankan program berat seperti games dan penggunaan software lainnya.

So, jika komputer anda menunjukkan angka 60 derajat celcius, padahal dalam kondisi idle, sudah bisa dipastikan telah terjadi sesuatu yang tidak baik dengan CPU anda.

Lantas, tahukah anda penyebab kenapa CPU bisa panas, dan bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi CPU panas tersebut? berikut beberapa alasan kenapa CPU panas dan cara mengatasi.

CPU Panas dan Cara Mengatasi

CPU Panas dan Cara Mengatasi

Inilah Bebeberapa Penyebab CPU Panas

1. CPU Usage 100%

Banyak hal yang bisa terjadi pada CPU Usage, khususnya multitasking yang berlebihan. Jika CPU usage tersebut tetap pada level kondisi 100% secara berkelanjutan, sudah bisa diprediksi, hal ini tentunya akan sangat membahayakan kondisi komputer dan juga CPU anda.

Disarankan, anda bisa menjaga/mengontrol agar CPU Usage pada komputer tidak lebih dari 50% dalam waktu berjam – jam.

Baca Juga :  Inilah Cara Jitu Mempercepat Transfer Data Flashdisk yang Sebaiknya Anda Coba

2. Virus Komputer

Adanya malware menjadi salah satu faktor yang paling sering menyebabkan CPU menjadi panas, khususnya yang berbentuk virus komputer.

Virus ini umumnya muncul dalam bentuk sebuah aplikasi atau software yang berekstensi .exe, dan ini termasuk dalam jenis file yang bisa dijalankan.

Tanpa sadar, saat mengoperasikan virus ini bisa menyebabkan munculnya banyak program di background. Akibatnya, peran kerja CPU menjadi sangat berat dan inilah yang memunculkan suhu yang sangat panas pada CPU.

3. Overclocking PC

Yang dimaksud dengan overclocking adalah adanya penambahan kecepatan CPU (clock). Seperti, CPU yang kecepatannya berada pada standar 2.2 GHz, diperlukan overclocking hingga 2.4 GHz.

Tujuan melakukan overclocking adalah untuk menambahkan kecepatan CPU, khususnya, yang didesain untuk keperluan tertentu, katakanlah, penggunaan gaming, desain dan lainnya.

Ternyata, pemberlakuan overclocking akan mempengaruhi kondisi suhu CPU, karena CPU akan dipaksa beropersai lebih keras, bekerja lebih keras inilah yang akan membuat suhu CPu akan bertambah panas.

4. Penggunaan PC Selama 24 Jam Non Stop

Pemakaian PC dengan durasi yang cukup lama atau 24 jam non stop, apalagi bagi pengguna yang mengoperasikan untuk memainkan music, menonton video ataupun bermain game.

Pemakian komputer dengan cara seperti ini sudah pasti berbahaya dan dapat menyebabkan CPU yang anda miliki menjadi panas.

Baca Juga :  Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya

5. Pemakaian Software yang Berat

Beberapa aplikasi seperti game, desain grafis dan video editor adalah yang paling sering mengakibatkan suhu panas pada CPU meningkat.

Kondisi seperti ini disebabkan karena software tersebut memerlukan spesifikasi tinggi, akibatnya, disaat aplikasi tersebut dioperasikan, CPU akan mengalami kondisi panas yang berlebih.

6. Mengeringnya Pasta Thermal CPU

Yang menjadi standar pelapisan pada CPU adalah pasta thermal. Pasta ini berfungsi untuk menyerap suhu panas yang bersumber dari CPU, dengan demikian, ini akan membuat CPU tetap berada dalam kondisi yang dingin dan tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

Pada umumnya, PC yang berumur lebih dari 3 tahun, akan memperlihatkan adanya gejala thermal paste yang mengering.

Paste yang mengering tersebut akan menjadi tidak optimal dalam menyerap suhu panas, sehingga suhu panas akan menyerang CPU.

7. Tersumbatnya Kipas CPU

Hal lain yang bisa mempengaruhi panasnya CPU dan PC anda adalah adanya penyumbatan kipas dari sebuah komputer.

Penyumbatan kipas tersebut dan ditambah lagi dengan adanya kotoran, pasti akan sangat berpengaruh pada sistem kerja CPU komputer milik anda.

Karena kipas yang tidak berfungsi alias terhambat bisa menyebabkan proses pendinginan pada CPU terkendala, akibatnya, CPu akan menjadi panas.

8. Hardware yang Tidak Kompatibel

Pemasangan hardware pada sebuah CPU yang tidak kompatibel akan menyebabkan munculnya respon yang tidak baik dari Cpu. Jika ini dipaksakan CPu akan menjadi panas.

Baca Juga :  Toshiba memperkenalkan SSD memori flash 3D 64-layer dalam satu paket

Cara Jitu Mengatasi CPU yang Panas

Sekarang mari simak bagaimana cara mencegah CPU anda agar tidak gampang panas, dan mengembalikan CPU anda yang tadinya panas ke kondisi dengan suhu yang relatif normal.

Pada umumnya, anda bisa mengikut langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Berusahalah untuk mematikan PC anda selama beberapa jam, setelah itu anda bisa mengaktifkannya kembali.
  2. Sebisa mungkin anda diharapkan menon-aktifkan aplikasi komputer anda yang sudah tidak anda dibutuhkan lagi.
  3. Usahakan software yang anda gunakan sesuai dengan spek PC anda.
  4. Rajin-rajinlah membersihkan fan dan jangan lupa untuk sering memeriksa pasta thermal di CPU milik anda.
  5. Untuk anda yang memakai komputer yang ber-spek tinggi, anda harus menjaga agar alur listrik tetap mengalir dengan stabil. Gunakanlah tempat dengan suhu ruangan yang normal, hal ini dilakukan untuk menghindari gejala panas pada CPU anda.

Yang paling penting anda lakukan sekarang adalah mengupayakan agar kondisi CPU dan semua perangkat komputer anda tetap terjaga dalam kondisi yang baik, jika tidak, hal-hal buruk diatas akan bisa merusak komputer milik anda.

Demikian artikel CPU Panas dan Cara Mengatasi semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *