Dampak Nuklir Positif dan Negatif Pengaruh RadiasiAbi Blog

Dampak Positif dan Negatif Nuklir

Dampak Nuklir Positif dan negatif

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan kelangkaan bahan bakar bumi yang makin hari makin menipis, maka pencarian terhadap energi baru masih terus dikembangkan. Keberadaan minyak serta gas nyatanya tidak mampu mempertahankan eksistensi mereka hingga kurun waktu panjang di masa depan. Keberadaan minyak serta gas alam, diperkirakan hanya bertahan 30 tahun jika dilihat dari laju penggunaannya yang sekarang. Hal inilah kenapa diperlukan energi lain yang bisa digunakan untuk kemaslahatan umat manusia dalam jangka panjang kedepan-nya. Salah satu pengembangan energi yang tengah dilakukan adalah penggunaan nuklir. Penggunaan nuklir memang menjadi salah satu energi alternatif yang cukup mumpuni dan yang pasti bisa digunakan sebagai energi masa depan. Meski demikian, nuklir tidak lepas dari dampak positif dan negatif penggunaan. Lantas apa saja dampak nuklir positif dan negatif ? Kita simak ulasan yang berikut ini.

Dampak Nuklir

Dampak Nuklir Positif

Keberadan nuklir dapat membuat kita mampu menghemat energi yang berupa bahan bakar fosil dan membuat kelestarian lingkungan menjadi lebih terjaga. Perlu diketahui pembangkit listrik bertangung jawab 25% atas penggunaan bahan bakar fosil di dunia. Penggunaan energi nuklir dapat membuat kita menghasilkan listrik dan mengurangi pembakaran fosil.

  1. Keberadaan pembangkit listrik tenaga nuklir dapat mendorong laju pertumbuhan negara sehingga dapat lebih maju. Hal ini memiliki kaitan yang erat karena ketika laju peningkatan harga bahan bakar fosil rendah, maka barang dan jasa yang dihasilkan juga akan makin sedikit.
  2. Penggunaan nuklir mampu membebaskan kita dari penggunaan biaya energi bahan bakar fosil yang tinggi sehingga biaya yang tidak terpakai, dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak.
  3. Penggunaan PLTN dapat mengurangi terjadinya hujan asam serta membatasi emisi gas pada rumah kaca.
  4. Hingga kini penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir memiliki peran yang begitu signifikan dalam dunia kelistrikan dan menjadi salah satu energi primer bagi dunia.
  5. Pembangkit listrik tenaga nuklir memiliki potensial yang paling besar dalam menawarkan prospek jangka panjang dalam pemenuhan kebutuhan energi dunia.
  6. Pada konstruksi suatu jalan, untuk mengukur kelembabban serta kepadatan tanah, kini menggunakan nuklir sebagai salah satu media bantu dalam pengukuran-nya.
Baca Juga :  Tips Merawat Harddisk Eksternal

Dampak Nuklir Negatif

Meski memiliki banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia, namun keberadaan nuklir juga banyak memberi dampak buruk bagi manusia. Beberapa dampak buruk nuklir diantara adalah sebagai berikut.

  1. Keberadaan reaktor nuklir sangat membahayakan dan mengancam keberadaan manusia. Hal ini dikarenakan, nuklir bisa mengeluarkan radiasi. Radiasi pada nuklir dapat terjadi ketika radioaktif yang dipancarkan, mengenai kulit manusia secara langsung.
  2. Selain secara langsung, radiasi nuklir secara tidak langsung dapat meng-kontaminasi makanan serta minuman. Jika dikonsumsi, maka dampaknya akan membuat kesehatan tubuh manusia terganggu.
  3. Bukan hanya melalui makanan dan minuman, namun radiasi nuklir juga bisa membuat udara dan air tercemar.
  4. Nuklir memang berguna sebagai salah satu bahan energi yang cukup menjanjikan di masa depan. Namun jika berada di tangan yang salah, nuklir dapat menjadi senjata pemusnah massal yang mengerikan.
  5. Ketika pembangkit tenaga nuklir mengalami kebocoran, maka radiasi yang dikeluarkan dapat sangat luas karena bisa terbawa ke udara dan menyebar kemana-mana. Hal ini akan sangat berbahaya bagi lingkungan serta makhluk hidup.
  6. Bahaya nuklir ternyata bukan hanya menyebabkan terjadinya gangguan jangka pendek, namun juga jangka panjang yang harus diwaspadai.
Baca Juga :  Draught Gauge sebagai pemantau level kapal mengambang

Bencana dan Dampak Nuklir di Chernobyl

Salah satu bencana nuklir yang kini masih diingat sebagai salah satu bencana nuklir mengerikan adalah bencana nuklir yang terjadi di Chernobyl. Ledakan nuklir yang terjadi pada April 1986 di Ukraina ini, membuat radiasi nuklir terlontar hingga 1500 meter ke udara. Lontaran tersebut bahkan sampai ke benua Eropa.

Bukan hanya menimbulkan korban jiwa, namun bencana di Chernobyl juga memaksa ribuan orang mengungsi secara massal. Adapun korban yang terkena radiasi, akan merasakan dampak buruk berupa kanker serta gangguan kardiovaskular dan bisa pula berakhir dengan kematian.

Baca Juga :  Detektor Gas ST400 Salwico, Deskripsi, Bahan, Data Teknis, Range

Keberadaan nuklir memang memberi banyak sekali manfaat bagi kemaslahatan manusia, namun sayangnya, jika terjadi kebocoran atau bahkan ledakan nuklir, maka dampak buruknya juga sangat merugikan.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
2 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *