Dasar dan kegunaan listrik

Diposting pada

Dasar dan kegunaan listrik

   Listrik adalah bentuk energi yang dapat ditemui dalam bentuk panas , cahaya , magnetik atau kimia.

   Tidak sulit bagi kita untuk memahami sifat listrik, energi listrik yang dimasukkan untuk digunakan dalam berbagai mesin dan instalasi maupun perkakas rumah tangga.

   Hampir semua orang menggunaan listrik dan elektronik dalam kehidupan sehari-hari  dalam banyak jenis, misalnya : lampu, radio, kalkulator, lampu kendaraan, dll.


   Sementara listrik harus tersedia dalam semua kebutuhan tersebut. Seperti kita ketahui , segala sesuatu tentang listrik dan apakah itu listrik adalah dari ilmu dasar yaitu adanya atom.

Dasar dan kegunaan listrik

Apakah itu atom?

   Setiap atom memiliki inti, sedangkan lingkaran elektron berputar pada inti. Atom adalah suatu partikel yang sangat kecil dan tak terlihat oleh mata manusia. Diameternya adalah sekitar 1/10.000.000 mm. Diameter intinya adalah hingga 1/ 10.000 dari diameter atom sendiri. Diameter dari sebuah elektron adalah 1/10 diameter inti.

Dasar dan kegunaan listrik
Model Atom 1
Baca Juga :  Prinsip dasar sistem Dynamic Position di kapal
Dasar dan kegunaan listrik
Model Atom 2

   Setiap elektron bermuatan negatif. Lingkaran elektron berada di sekitar inti dalam mengubah orbit yang membentuk tempurung bola di sekitar inti. Yang terakhir ini terdiri dari proton dan neutron. Proton positif, dan neutron yang etectrically netral (bermuatan).

    Setiap unsur kimia ditentukan oleh jumlah elektron. atom identik membentuk elemen kimia. Berbagai jenis atom menghasilkan karakteristik baru ketika dihubungkan. Ini dikenal sebagai senyawa. Jika inti atom mengandung banyak proton karena adanya electron yang mengitari inti, atom adalah netral dan tidak ada muatan listrik padanya. Hal ini terjadi, misalnya, dengan atom lithium, atom aluminium dan atom silikon seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah.

Dasar dan kegunaan listrik
Atom Lithium
Dasar dan kegunaan listrik
Atom Aluminium
Dasar dan kegunaan listrik
Atom Silicon


   Namun, bagaimanapun, ada lebih banyak elektron yang mengitari inti dari ada proton, atom negatif dikenakan beban. Sebaliknya jika ada elektron sedikit mengitari inti dari ada proton, atom akan bermuatan positif.

Hal ini disebut ‘ion’.

   Karena lingkaran elektron di sekitar inti dengan kecepatan tinggi dan dalam mengubah orbit, kekuatan tarik-menarik harus berjalan efektif / terus menerus untuk dapat menjaga elektron dalam orbitnya. Kekuatan listrik ini juga menjadi daya tarik yang efektif dengan model atom, menurut prinsip.
   Tegangan listrik (rumus simbol E) diukur dengan voltmeter. Unit dari tegangan listrik adalah volt * (unit simbol V).
note: * Volta – ltalian physlcist 1745 – 1827

Tingkat tegangan induksi tergantung pada empat faktor yang signifikan.

  1. Mempercepat dengan yang memotong konduktor melalui medan magnet
  2. Kepadatan flu Magnetic
  3. Panjang konduktor Efektif
  4. Dasar dan kegunaan listrik
    Like Charger
    Dasar dan kegunaan listrik
    Unlike Charger
  5. Jumlah konduktor
   Untuk dapat menghasilkan tegangan yang lebih tinggi dalam praktek, banyak loop konduktor (kelompok colls) yang bergerak dalam medan magnet, bukan satu konduktor saja, atau medan magnet kekuatan bergerak dalam kelompok-kelompok kumparan. Resultan paruh tegangan kemudian digabungkan menjadi sebuah total tegangan penuh yang tersedia pada panel terminal. Semua generator beroperasi sesuai dengan prinsip ini.

 Tingkat tegangan induksi dapat dihitung sebagai berikut:

Eo = B.L.v.zEo = Induced voltage (volts) 

B   = magnetic flux density Wb/m2 : 1 T (Tesla) 
v   = fiux cutting speed in m/sI 
L   = conductor length in mt = number of conductors contoh:

   Seberapa tinggi tegangan induksi dalam sebuah konduktor jika kerapatan fluks magnetik adalah 1 Wb/m2, panjang konduktor adalah 0,75 m, kecepatan potong (cut) adalah 1,5 m / s dan ada 150 konduktor?

Eo = B.L.V.z 

Eo = 1 Wb/m2. 0.75 m . 1.5 m/s. 150 = 16.8 V

Dasar dan kegunaan listrik

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.