Dasar getaran mesin dan keuntungan menggunakan pemantau getaran mesin

a. Pemahaman getaran

Dasar getaran mesin dan keuntungan menggunakan pemantau getaran mesin
    Prinsip getaran tidak asing bagi kita dalam kehidupan kita sehari hari, benda yang bergerak pasti mengeluarkan getaran. Contoh sederhananya adalah kursi yang kita pindah akan mengeluarkan suara, kenapa mengeluarkan suara? Karena ada getaran terjadi antara kursi dan lantai, contoh lain adalah sebuah gitar jika kita petik akan mengeluarkan bunyi, hal itu juga karena getaran pada dawai gitar tersebut, serangkaian pendulum yang kita gerakkan dan menyentuh satu dengan yang lainnya juga akan mengeluarkan getaran. Sebuah kendaraan yang melewati jalan yang tidak rata/ bergelombang juga akan mengeluarkan getaran.

Dasar getaran mesin dan keuntungan menggunakan pemantau getaran mesin  Getaran yang terjadi pada benda benda yang bergerak umumnya akan mengeluarkan suara, namun bisa juga akan menghasilkan panas, bagaimana bisa getaran menghasilkan panas? Contoh sederhana adalah disaat kita menggosok gosokkan kaki kelantai tentunya akan menghasilkan getaran dan kita merasakan suhu di telapak kaki akan meningkat (hangat).

   Bukankah kebiasaan kita menggosokkan kedua telapak tangan di waktu kedinginan karena bisa sedikit bisa menghangatkan?

   Getaran pada mesin ada bermacam macam, ada yang bergetar kuat , ada bergetar lemah , cepat, lambat. Ada beberapa mesin yang sengaja di buat agar mendapatkan getaran misalnya pada mesin penyaring, stamper, hopper, dll.

    Tapi pada mesin yang lain, getaran di usahakan untuk di minimalisir, karena pada mesin mesin ini getaran yang berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen, pada artikel ini saya akan bahas masalah getaran pada mesin jenis ini.

Baca Juga :  Cara Mudah Menyambung Pipa Instalasi Plumbing

b. Penyebab getaran mesin

Ada beberapa penyebab getaran pada mesin , yaitu:

1. Pengulangan Gaya
2. Kelonggaran
3. Resonansi

1. Pengulangan gaya

    Sebuah contoh dari kapal yang bersandar di pelabuhan/ galangan, yang terkena ombak hingga mengakibatkan gaya gerak pada kapal tersebut. Terpaan dari ombak itu mengakibatkan gerakan pada kapal dan hal itu akan terus mengayun kapal sampai mendekati titik keseimbangan kapal kembali, dan kembali kerelatif seimbang. Begitu juga ketidak seimbangan yang terjadi pada mesin , suatu misal sebuah mesin yang memiliki titik as/ pusat yang sudah tidak seimbang akan berakibat putaran mengayun yang mengakibatkan ada porsentase gaya ayunan tersebut yang terus mengikutinya. Pada sebuah kipas yang memiliki bilah kipas yang tidak seimbang ( bisa jadi karena satu bilah pecah/ cacat) akan mengakibatkan ketidak seimbangan putaran kipas tersebut.

2. Kelonggaran

    Biasanya karena komponen pendukung pada sebuah mesin tidak cukup kuat pemasangannya akan mengakibatkan getran , bahkan bisa sampai tidak terkendali.

3. Resonansi

    Hal ini berhubungan dengan ritme daya dorong sebuah mesin, pada ritme yang tepat ( saat yang paling tepat untuk di dorong) akan menghasilkan titik kekuatan mesin yang maksimal. Namun pada ritme yang tidak tepat akan memperlambat proses menuju titik maksimal pemakaian daya dorong mesin dalam hal ini akan muncul getaran bebas pada ketidak tepatan ritme daya dorong yang di butuhkan.

Baca Juga :  Perhitungan Kapasitas dan Efisiensi Kompresor
  Contoh sederhana sebuah ayunan anak, disaat mengharap dorongan yang maksimal untuk menuju ketinggian maksimal di butuhkan dorongan pada waktu yang tepat tanpa ada benturan tenaga dorongan dengan ritme ayunan.

c. Mengapa di perlukan pemantau getaran mesin ( Vibration monitor)?

    Tentunya dengan mengetahui tingkat getaran mesin di harapkan menjadi data pemantauan kondisi mesin secara up to date. Pada fase tentunya akan memiliki data list perbaikan yang harus di lakukan terhadap mesin jika dalam pemantauan terjadi getaran yang melebihi nilai yang sudah di tentukan. Pada fase panjang tentunya dengan perawatan mesin tersebut akan menekan budget anggaran lebih dari pada harus mengganti mesin karena tidak ada pantauan kondisi mesin.

C. Masalah masalah umum yang dapat di hindari karena adanya pemantau getaran mesin.

a. Kerusakan mesin yang semakin parah.

   Dengan pemantauan getaran mesin secara teratur tentunya akan menghindari kerusakan yang semakin parah pada mesin. Sekali lagi akan menekan budget untuk pembelian mesin baru.

b. Konsumsi daya yang tinggi.

    Dalam beroperasinya mesin yang bergetar tinggi di pastikan akan membutuhkan lebih daya konsumsi, hal ini wajar karena putaran mesin akan semakin berat.

c. Menghindari ketidak ketersediaan mesin pengganti.

   Bayangkan seandainya mesin rusak parah, apa yang terjadi? tentunya harus dilakukan penggantian. Belum tentu mesin yang sama persisi seperti yang di butuhkan masih tersedia dan masih di produksi oleh pembuatnya. Solusi mengganti mesin yang lain tentunya berpengaruh pada sistem insatalasi dan hal itu akan sangat tinggi dana yang harus dianggarkan untuk membangun sistem baru.

Baca Juga :  Scrubber udara dasar, pengertian, konfigurasi, dan efisiensi

d. Waktu pengiriman mesin pengganti/ komponen pengganti jika tersedia

  Dengan menunggu spare part ataupun mesin baru jika tersedia akan berpengaruh pada hasil produksi, karena waktu akan terbuang.

e. Pemakaian material yang tidak compatible/tidak sesuai

  Dalam prakteknya sebagian teknisi mesin merancang sendiri cara untuk mengatasi mesin yang bermasalah dengan cepat tapi tidak benar.

f. Pemeliharaan yang tidak perlu.

   Tanpa memonitor getaran mesin secara up to date, pemeliharaan sering tidak mengarah pada sasaran yang sebenarnya getaran mesin adalah indikasi yang paling vital.

g. Masalah Kwalitas

    Sudah wajar dan bukan hal baru lagi bahwa barang produksi asli pada spart part mesin lebih bisa dipercaya kehandalannya daripada spart part keluaran baru. Meskipun sama sama satu produk (relatif).

h. Cacat produksi

   Seperti halnya point “g”

i. Keamanan kerja

    Ini hal yang paling penting, dengan pemantauan getaran mesin dengan segala penyelesaian nya akan menghilangkan kebisingan yang berlebihan yang mengakibatkan ketidaknyamanan di tempat kerja. Kelonggaran komponen mesin tentunya akan sangat berbahaya untuk area sekitar mesin.
Dasar getaran mesin dan keuntungan menggunakan pemantau getaran mesin

Loading...
loading...
3 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *