Definisi dan Cara Kerja Inverter

Diposting pada

Berikut Ini Adalah Definisi Dan Cara Kerja Inverter Yang Wajib Kamu Tahu

Inverter diambil dari bahasa Inggris yang berarti pembalik, mungkin Anda sudah sering mendengar atau menyebut kata Inverter, baik dalam tema bahasan elektronika atau kelistrikan. Maupun tema bahasan umum lainnya, tapi apakah Anda yakin benar-benar tahu dan paham apa itu Inverter? Bagaimana cara kerja inverter ?

Bagi yang sedang mempelajari Elektronika, penting bagi Anda untuk mengerti dan mengetahui fungsi serta cara kerja Inverter. Untuk itu pada bahasan kali ini, kami akan mengulas sedikit tentang definisi dan cara kerja Inverter.

Definisi dan Cara Kerja Inverter
Definisi dan Cara Kerja Inverter

Inverter juga digunakan pada pembuatan listrik tenaga surya, baca selengkapnya : Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Di Rumah Dengan Solar Panel

Baca Juga :  Pemahaman dan Rumus Dasar Antena 2

Definisi Inverter

Inverter merupakan sebuah alat yang terdiri dari rangkaian elektronika daya dan berfungsi untuk mengubah atau meng-konversi arus listrik searah menjadi arus bolak-balik.  Inverter juga merupakan kebalikan dari converter atau adaptor, yang berfungsi men-konversi tegangan bolak-balik / AC menjadi tegangan searah / DC.

Seiring perkembangan waktu, Inverter berkembang menjadi tipologi mulai dari inverter dengan tegangan bolak-balik / AC saja. Hingga Inverter yang dapat menghasilkan tegangan sinus murni tanpa di sertai harmonisasi. Inverter juga diklasifikasikan berdasarkan bagian fasa-nya, diantaranya satu fasa, tiga fasa, dan dengan multifasa.

Fungsi Dari Inverter

Fungsi utama Inverter adalah mengubah atau meng-koversi tegangan searah / DC menjadi tegangan bolak-balik / AC. Inverter biasanya digunakan pada bidang otomatisasi dan teknik industri, Inverter biasanya diaplikasikan pada proses linear yaitu parameter yang dapat dirubah-ubah.

Baca Juga :  Tentang Elektronika

Pada UPS, sistem inverter juga digunakan untuk merubah energi dari baterai menjadi arus output ke perangkat pemakaian : Prinsip dan konfigurasi Uninterruptible Power Supply (UPS)

Cara Kerja Inverter

Cara kerja sistem inverter ini adalah dengan cara mengubah input motor listrik arus bolak-balik / AC menjadi searah / DC, lalu kemudian di rubah lagi menjadi bolak-balik / AC tetapi dengan frekuensi yang Anda kehendaki, sehingga Anda dapat mengontrol kecepatan yang Anda inginkan.

Sebuah Inverter biasanya digunakan untuk mengubah arus DC dari sumber seperti panel surya, baterai, dan lain sebagainya menjadi arus listrik AC yang umumnya terdapat pada barang elektronika rumah tangga.

Baca Juga :  Cara Memilih dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar

Ada beberapa teknik kendali yang bisa Anda gunakan supaya inverter mampu menghasilkan sinyal sinusoidal. Inilah salah satu caranya, yakni dengan mengatur keterlambatan pada sudut penyalaan inverter ke tiap-tiap lengan. Metode yang paling sering digunakan yaitu modulasi lebar pulsa atau disebut juga PWM.

Demikian beberapa informasi singkat tentang definisi, jenis, fungsi, serta cara kerja Inverter, semoga informasi yang kami ulas pada artikel kali ini dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi seputar dunia elektronika dan kelistrikan.

Artikel yang berhubungan dengan sistem Inverter antara lain :

Pengertian dan macam UPS

Penyearah tiga fase (Three-phase rectifiers)

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.