Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass

Diposting pada

Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass

Definisi Meter Mass

    Pada kenyataannya Flow meters massa ( Meter Mass) mengukur laju aliran massa langsung yang bertentangan dengan laju aliran volumetrik. Akibatnya, udara entrained tidak mempengaruhi akurasi pengukuranya.  Disimpulkan laju aliran massa melalui persamaan:
QM = Qv x r
Dalam persamaan ini,
Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass

  • QM adalah laju aliran massa (mass flow rate),
  • Qv adalah laju aliran volume (volume flow rate),dan 
  • r adalah densitas fluida (fluid density).
    Mass flowmeter instruments pada dasarnya menggabungkan dua perangkat, salah sebagai pengukuran kecepatan fluida dan yang lain untuk mengukur kepadatan. Input ini biasanya dikombinasikan dalam mikroprosesor, bersama dengan data tambahan, untuk memberikan output menunjukkan laju aliran massa. Sebaliknya, para meter berikut mengukur perhitungan dari volume dan kepadatan.


Thermal Meters

    Thermal Meters biasanya diterapkan untuk aliran gas saja; pada kenyataannya, untuk aliran gas di mana transfer panas ke dan dari aliran adalah elemen yang biasa dari proses metering. Mengukur data ini pasokan perpindahan panas dari mana laju aliran massa dapat dihitung. Sebagaimana meter massa, meter termal beroperasi independen dari kepadatan, tekanan, dan viskositas.

Coriolis Meters

Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass
Gambar 1

 Coriolis Meter menggunakan obstructionless U berbentuk tabung sebagai sensor dan berlaku Hukum Newton Kedua Gerak untuk menentukan laju aliran. Di dalam boks sensor, tabung sensor bergetar pada frekuensi alami (Gambar 1). Tabung sensor didorong oleh kumparan elektromagnetik drive yang terletak di pusat tikungan dalam tabung dan bergetar mirip dengan garpu tala.


    Cairan mengalir ke tabung sensor dan dipaksa untuk mengambil momentum vertikal tabung bergetar. Ketika tabung bergerak ke atas selama setengah siklus getaran nya (Gambar 2), cairan mengalir ke sensor menolak dipaksa ke atas dengan menekan pada tabung.

Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass
Gambar 2

 Cairan mengalir dari sensor memiliki momentum kenaikan dari gerakan tabung. Karena perjalanan di tikungan tabung, cairan menolak perubahan gerak vertikal dengan mendorong pada tabung (Gambar 2). Perbedaan kekuatan menyebabkan tabung sensor untuk memutar (Gambar 3). Ketika tabung bergerak ke bawah selama paruh kedua siklus getaran, ia berliku dalam arah yang berlawanan. Karakteristik memutar ini disebut efek Coriolis.


    Karena berlaku Hukum Newton Kedua, maka jumlah tabung sensor sentuhan berbanding lurus dengan laju aliran massa fluida yang mengalir melalui tabung. 
    Detektor kecepatan elektromagnetik yang terletak di setiap sisi tabung aliran mengukur kecepatan tabung bergetar. Aliran massa ditentukan dengan mengukur perbedaan waktu yang ditunjukkan oleh sinyal detektor kecepatan. 

 Selama kondisi aliran nol, tidak ada tabung sentuhan terjadi, sehingga tidak ada perbedaan waktu antara dua sinyal kecepatan. Dengan aliran, twist terjadi dengan perbedaan waktu yang dihasilkan antara dua sinyal kecepatan. Perbedaan waktu ini berbanding lurus dengan aliran massa.
Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass
Gambar 3

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

One thought on “Definisi, fungsi dan jenis Meter Mass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.