Dokumen Cable Schedule, Pengertian dan TujuanAbi Blog

Pengertian dan Tujuan Dokumen Cable Schedule 

Pengertian Dokumen Cable Schedule

Dokumen Cable Schedule adalah dokumen yang berisi daftar kabel instrumen. Di dalam dokumen ini mencakup informasi kabel serta kabel gland yang dibutuhkan pada masing-masing instrumen dan koneksi-nya.

Cable Schedule terdiri dari:

  • Nomor kabel,
  • Tipe kabel (keterangan),
  • Ukuran kabel,
  • Panjang kabel,
  • Deskripsi asal dan tujuan kabel,
  • Jenis kabel gland dan ukuran untuk setiap kabel yang masuk.
Baca Juga :  Standard Operating Prosedure Halaman Utama

Tata letak kabel instrumen dan blok diagram interkoneksi dibutuhkan untuk membuat cable schedule, terutama dalam menentukan asal dan tujuan kabel.

Pengertian dan Tujuan Dokumen Cable Schedule 
Pengertian dan Tujuan Dokumen Cable Schedule

Baca tentang : Pengertian dan Tujuan Dokumen Instrument Data Sheet

Tujuan dibuatnya Dokumen Cable Schedule

Cable Schedule adalah referensi dalam mempersiapkan Material Take-Off pengadaan kabel. Namun, kebanyakan panjang kabel yang ditampilkan hanya merupakan perkiraan.

Untuk itu harus ada kontingensi dalam pengadaan bahan yang memungkinkan adanya spare dalam pemotongan kabel yang kemungkinan timbul dalam pengerjaan di lapangan.

Cabel Schedule akan disebut juga selama masa konstruksi, namun tidak dianjurkan memotong kabel berdasarkan data dalam cable schedule. Untuk pemotongan panjang kabel yang dibutuhkan terbaik adalah saat instalasi. Dalam prakteknya kabel utuh dalam rol kemudian ditarik sampai tujuan dan memotong-nya dengan sesuai.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *