Pemanfaatan Energi Biomassa Sangat Menguntungkan Lingkungan

Diposting pada

Pemanfaatan Energi Biomassa

Energi biomassa sudah lebih dulu populer di Amerika Serikat dan sudah menghasilkan lebih dari 50 miliar kilowatt-jam untuk pembangkit listriknya, dan mencapai lebih 1,5% dari total penjualan listrik nasional. Jadi di negara Amerika sana, energi ini banyak dikembangkan serta sudah familiar di kalangan masyarakat luas. Penggunaannya pun bukan sebatas untuk kalangan tertentu saja.

Hal yang mendasari penggunaan energi ini, karena disinyalir lebih aman buat lingkungan, dan juga tak terbatas ketersedian-nya. Sebenarnya apa sih biomassa ini, dan apa saja contoh dari sumber energi ini?

Energi Biomassa

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai pembahasan energi biomassa beserta contoh-contoh dan juga manfaatnya, berikut di bawah ini ulasan detailnya.

Definisi Biomassa

Apa itu biomassa ? Biomassa adalah termasuk salah satu energi terbarukan. Energi terbarukan merupakan energi yang diolah untuk bahan bakar dan didapat dari sumber-sumber alami yang bisa diperbarui.

Jadi bisa dibilang, energi biomassa ini merupakan jalan keluar alternatif bahan bakar yang sejauh ini dapat tidak dapat diperbarui dan pastinya mencemari lingkungan hidup. Di tilik dari jenisnya, energi biomassa terbagi jadi 2 jenis. Yang pertama bahannya berasal dari binatang maupun mikroorganisme, dan kedua berasal dari tanaman seperti tanaman-tanaman sisa dari pengolahan atau hasil panen

Baca Juga :  Berbagai Metode Pengolahan Limbah Dan Peranan Bioteknologi Dalam Pengelolaannya

Contoh Sumber Energi Biomassa

Biomassa merupakan bentuk energi terbarukan yang sumber-sumbernya didapat dari sumber yang bisa diproduksi lagi. Berikut ini merupakan contoh sumber dari energi biomassa:

1. Kayu

Kayu adalah bentuk sederhana dari energi biogas. Energi yang dihasilkan oleh pembakaran kayu dimanfaatkan untuk menghasilkan panas, untuk memasak, untuk menghasilkan listrik skala besar dsb.

2. Tanaman Energi

Beberapa jenis tanaman dibudidayakan dalam jumlah yang besar untuk selanjutnya diproses sebagai penghasil bahan bakar. Beberapa jenis tanaman tersebut adalah kedelai, jagung, rami dan juga gandum.

3. Limbah Pertanian

Limbah pertanian bisa juga dimanfaatkan untuk memproduksi biomassa. Lembah tersebut diantaranya: ampas tebu, jerami, kotoran ternak, dan juga kotoran unggas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar penghasil listrik dan panas.

4. Biogas

Biogas didapati dari pemecahan bahan organik dari kotoran manusia, pupuk kandang, material tanaman dsb. Bahan-bahan tersebut diuraikan lewat proses fermentasi yang dibantu mikrooganisme anaerobik penghasil metana dan karbondioksida.

Manfaat Penggunaan Energi Biomassa Untuk Lingkungan

1. Mencegah Kebakaran Hutan

Kayu merupakan salah satu sumber bahan biomassa yang diperoleh dari hutan. Pemanenan pohon di hutan yang dilakukan secara rutin akan dapat mencegah munculnya beberapa titik api. Kenapa demikian? Sebab kebanyakan penyebab kebakaran karena pertumbuhan pohon yang terlalu padat.

Baca Juga :  Teknologi Masa Depan

Jika pohon di hutan terlalu banyak, resiko kebakaran di hutan juga tinggi dan tentunya tidak bagus untuk lingkungan karena akan menghasilkan banyak juga gas karbondioksida.

2. Mengurangi Emisi Karbon

Emisi karbon yang dihasilkan dari energi biomassa lebih sedikit dibanding dengan bahan bakar dari fosil. Hal ini dikarenakan tanaman baru yang tumbuh menggantikan tanaman lama yang akan dimanfaatkan sebagai penghasil energi biomassa sebelumnya.

Energi biomassa yang dihasilkan juga menurunkan kadar gas karbondioksida yang ada di atmosfer kita. Jadi dari kejadian ini sangat jelas, penggunaan biomassa bermanfaat baik buat lingkungan.

Baca Juga :  Memori Kuantum Nano Optik Pertama

3. Meningkatkan Kualitas Air

Kualitas udara akan meningkat jika kita mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar dari energi biomassa ini. Dengan begitu polusi juga akan sedikit. Penggunaan bahan bakar fosil memicu hujan asam karena menghasilkan emisi sulfur ketika dibakar.

Dengan penggunaan energi biomassa, pembakaran emisi sulfur berkurang, hujan asam pun berkurang dan sudah pasti kualitas air juga akan lebih bagus lagi karena tanah tidak akan menyerap hujan asam yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Mengurangi Tingkat Metana

Tingkat metana di atmosfer kita akan berkurang jika kita menggunakan energi biomassa ini. Metana muncul dari banyaknya penggunaan rumah kaca dan tingkat gas akan diturunkan jika energi biomassa diproduksi.

Itulah di atas ulasan informasi mengenai energi biomassa, manfaat beserta contohnya. Untuk contoh dari proses pembentukan dan penggunaan biomassa silahkan googling di internet. Karena telah banyak website yang membahas hal tersebut..

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.