Flow Meter Vortex, Pengertian dan Perhitungan Jarak PenempatanAbi Blog

Mengenal Flow Meter Vortex dan persyaratan jarak penempatan

Flow Meter Vortex

Peralatan flow meter vortex membutuhkan jenis aliran yang baik dan simetris, bebas dari distorsi untuk memberikan nilai akurasi yang baik dalam pembacaannya.

Flow Meter Vortex
Flow Meter Vortex

Perhitungan Jarak Penempatan

Beberapa hal yang mempengaruhi untuk mendapatkan nilai akurasi dari flow meter vortex, salah satunya adalah masalah jarak penempatan peralatan ini terhadap sumber turbulensi.

Sumber-sumber turbulensi antara lain adalah pompa, valvevalve / katup, knee (atau-pun pengubah arah aliran sejenis), reduser atau perubahan ukuran aliran dan lain-lain.

Pada umumnya produsen pembuat telah memberikan panduan batasan jarak minimum untuk produk nya. Jarak tersebut kembali mengacu pada panjang yang ditunjukkan pada pipa dengan ukuran diameter (D). Salah satu contoh adalah tertulis 10D, dapat diartikan bahwa penempatan flow meter pada jarak 10 kali diameter pipa dari sumber turbulensi.

Jarak Penempatan flow meter vortex
Jarak Penempatan flow meter vortex

Pengaruh turbulensi pada sumber apapun sangat besar terhadap akurasi pembacaan flow meter. Penempatan setiap jenis flow meter dapat dilihat dari masing-masing spesifikasi dari produsen. Meskipun setiap produsen memiliki aturan-aturan tersendiri.

Pada dasarnya flow meter vortex dapat dipasang secara vertikal, horizontal atau-pun di setiap sudut pada posisi terus dialiri.

Sebagai aturan umum panjang lurus harus hampir sama dengan yang diperlukan untuk instalasi lubang dengan beta rasio 0,7.

Untuk lebih lengkap baca pada table di bawah ini:

Sumber Turbulensi
Diameter Upstream
Diameter Downstream
Ukuran  reduces
15D
5D
Ukuran increase
35D
5D
Knee 90˚ tunggal
30D
5D
Knee 90˚ dalam satu plane
30D
5D
Knee 90˚ lain plane
40D
5D
Valve terbuka
35D
5D
tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *