Fungsi dan bagian magnetron pada radar

Pengertian Magnetron pada radar

Magnetron pada radar adalah sebuah tabung bertenaga tinggi yang prinsip kerjanya sebagai self-exited microwave osilator.

Fungsi dan bagian magnetron pada radar


Medan magnet yang sangat tinggi pada magnetron diperlukan dalam peralatan radar sebagai perangkat multicavity yang menghasilkan pulse osilator atau cw osilaor yang bekerja antara frekuensi 600 hingga 30.000 MHz.
 
Kontruksi magnetron relatif sederhana yang bekerja hanya pada frekuensi pembuatannya / frekuensi tetap.

Bagian-bagian magnetron

Fungsi dan bagian magnetron pada radar

Secara mendasar bahwa magnetron di klasifikasikan sebagai dioda, bagian anoda dibuat dari sebuah silinder dari tembaga keras sementara katoda dan filamen berada ditengah diantara anoda yang di support dengan sebuah lead filamen.

 
Lead filamen dibuat dengan kontruksi yang kokoh untuk menyokong struktur katoda dan filamen untuk tetap stabil pada posisinya. Katoda dibuat dari bahan ber-emisi tinggi.
 
Terdiri dari 8 hingga 20 lubang silinder lingkaran penuh disebut sebagai rongga resonansi, satu slot yang melalui setiap rongga ke bagian tengah tabung membagi struktur rangkaian menjadi banyak bagian.
Fungsi dan bagian magnetron pada radar
Dengan frekuensi analog rendah , sisi belakang blog anoda menjadi bagian induktif (sebuah kumparan dengan lilitan tunggal).
 
Sirip anoda akan menjadi setara sebuah kapasitor dari sebuah rangkaian resonan p[aralel.
Frekuensi resonansi dari rongga microwave ditenukan oleh dimensi fisik resonator, jika rongga tunggal beresonansi maka menyebabkan rongga selanjutnya untuk beresonansi juga.
 
Langkah resonansi berputar hingga fase 180˚ juga akan menyebabkan rongga selanjutnya untuk beresonansi juga dan proses itu berjalan secara terus menerus. Dan terjadi penundaan fase hingga 180˚.
Rangkaian proses resonator diatas membentuk sebuah struktur gelombang yang lambat yang kemudian ditutup oleh gelombang selanjutnya. Struktur gelombang lambat dalam sebuah desain disebut sebagai “ Multicavity Travelling Wave Magnetron”.
 
Katoda pada magnetron menyediakan elektron melalui mekanisme transfer energi, katoda terletak di engah atau pusat anoda yang terdiri dari silinder berongga sebagai bahan pemancar ( Barium Oxyde). Kabel dari filamen mengumpul dari seluruh katoda.
 
Medan magnet permanen diperlukan dalam proses resonansi ini yang dipasang disekitar magnetron sehingga medan magnet menempati posisi sejajar dengan sumbu katoda.
Baca Juga :  Sakelar Inframerah dan Remote Kontrol
Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
Baca Juga :  Thyristor, Pengertian , Jenis, Konstruksi dan Fungsi

Artikel Terakhir Dari Abi Royen (lihat semua)

7 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *