Fungsi dan jenis kabel instalasi dataAbi Blog

Fungsi dan jenis kabel instalasi data

Fungsi Kabel Data

Kabel data berfungsi sebagai media pengirim informasi elektronik dari satu sumber data ke pengguna data atau sebaliknya.

Macam dan jenis Kabel Data

Banyak jenis kabel untuk instalasi data menurut bahan dan bentuk. Namun secara garis besar ada tiga jenis kabel untuk instalasi data, yaitu:

  1. Twisted pair (bahan baku dari tembaga),
  2. Coax ( bahan baku dari tembaga),
  3. Kabel Optik (bahan baku fiber/serat).
Baca Juga :  Prinsip dan Konfigurasi Uninterruptible Power Supply (UPS)

Sesuai dengan bahan dan pemakaian yang berbeda, jenis kabel data ini juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

  1. Twisted Pair

Paling umum digunakan untuk instalasi data hingga saat ini. Kabel twisted Pair terdiri dari dua core kawat tembaga, masing-masing core dibungkus dengan isolator plastik dan melilit bersama secara memutar.

Sepertinya kabel yang saling melilit dan memutar dianggap biasa, namun sesungguhnya mempunyai efek memberi pertahanan dari pengaruh luar kabel, misalnya pengaruh dari degradasi sinyal asing. Panjang rata-rata sebelum terjadi degradasi sinyal luar sekitar 300feet.

Baca Juga :  Pengertian dasar tegangan listrik
Kabel Twisted Pair
Kabel Twisted Pair

Jenis-jenis kabel twisted pair

  1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
  2. STP (Shielded Twisted Pair).

Pada kabel twisted pair jenis STP memiliki satu pengaman berupa logam ekstra yang melindungi isolator konduktor twisted pair di dalamnya. Sebaliknya pada jenis UTP tidak ada logam pelindungnya.

Konektor yang digunakan untuk koneksi data kabel jenis twisted pair adalah RJ45. Kabel UTP diklasifikasikan ke dalam tujuh kategori berdasarkan kualitas kabel.

Kemampuan kabel twisted pair diukur dengan membandingkan atenuasi terhadap frekuensi. Atenuasi meningkat dengan frekuensi diatas 100KHz.

Sistem kabel data dikategorikan dalam hal kecepatan data yang dikirimkan tanpa adanya degradasi.

Dua kategori kabel jenis twisted pair yang banyak di instal adalah jenis CAT3 (voice) dan CAT5, khusus untuk jenis tambahan %e untuk suara dan p[engiriman data kecepatan tinggi yang mendukung 10Gbase-T.

  1. Coax

Coax atau coaxial juga digunakan untuk pengiriman data komputer, namun berkurang pemakaiannya pada masa-masa sekarang ini. Kabel coax membawa sinyal frekuensi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kabel twisted pair dan memiliki konduktor inti (ditengah) yang terbungkus oleh isolator.

Pada lapisan terluar kabel diamankan dengan lapisan foil logam sebagai pelindung dari pengaruh degradasi luar.

Kabel coax memiliki bandwidth yang lebih tinggi, redama yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabel jenis twisted pair. Sering digunakan pada jaringan telepon digital yang memungkinkan kecepatan data yang terkirim hingga 600Mbps dalam sebuah core tunggal.

Kabel Coaxial
Kabel Coaxial

Konektor untuk kabel coax misanya adalah:

  • BNC, digunakan untuk menghubungkan kabel ke perangkat,
  • RG, ternmasuk didalamya adalah: RG-59, RG-58, RG-11.
  1. Serat Optik (Ficer Optic)

Jenis pengantar data tercepat untuk saat ini yang sering digunakan oleh perusahaan komunikasi untuk menyediakan koneksi internet yang sangat cepat. Transmisi sinyal adalah berupa cahaya yang dipancarkan dan mengalir melalui serat yang lembut.

Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik

Saluran pada cahaya tersebut terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

  • Inti, merupakan bagian inti dari serat sebagai penerus cahaya dari sumber,
  • Clading, merupakan pembungkus luar dari inti.

Perbedaan kepadatan inti dan clading diibaratkan seperti seberkas cahaya yang bergerak melalui inti dan terpantul oleh clading secara terus menerus, sehingga cahaya akan tetap bertahan pada inti.

Ada dua jenis propagasi cahaya yang memungkinkan pada serat optik, seperti: multi mode dan single mode. Serat multi mode memungkinkan beberapa beams dari sumber cahaya (sumber data) bergerak melalui inti.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *