Fungsi IC 78xx Dan 79xx Dan Perbedaan Voltage Regulator

Diposting pada

Fungsi IC 78xx Dan 79xx Pada Voltage Regulator

Fungsi IC 78xx dan 79xx pada voltage regulator terdapat perbedaan. Ada berbagai macam jenis IC reguler tegangan atau voltase regulator yang anda dapat temukan saat ini. Dari bermacam-macam jenis IC regulator yang anda temui, ada seri yang paling populer, yaitu 78xx dan 79xx, mulai dari 7805, 7809, 7905, 7909 dan masih banyak lagi seri lain dari jenis IC regulator yang ada, dan masing-masing IC tersebut memiliki fungsi tersendiri.

Untuk anda para teknisi elektronika dan khususnya bagi pemula yang masih belum memahami tentang apa yang di sebut dengan IC regulator, kali ini kita akan membahasnya, agar anda paham apakah pengertian dan fungsi dari IC regulator itu sebenarnya. Pada dasarnya fungsi IC 78xx dan 79xx berbeda, IC regulator memiliki fungsi untuk mengubah sebuah nilai tegangan tertentu, dan besarnya tegangan yang diubah tergantung pada jenis IC yang digunakan. Sebagai contoh sebuah IC 7805 dapat digunakan untuk mengubah tegangan menjadi +5 volt. Sedangkan IC 7909 dapat digunakan untuk mengubah sebuah tegangan menjadi -5 volt.

Jenis yang dimiliki oleh IC regulator pada umumnya sangat bermacam-macam dan masing-masing dari jenis IC memiliki kemampuan untuk mengubah tegangan ke sejumlah nilai tertentu. IC regulator ini memiliki sifat yang berbeda. Ada yang bersifat fixed regulator atau tetap, da nada pula yang memiliki sifat adjustment regulator yang berarti dapat di ubah pada range tertentu. Untuk lebih jelasnya,  anda dapat menyimak data IC regulator yang ada pada tabel berikut ini.

Baca Juga :  Membuat Lampu Sorot LED Sendiri Lebih Murah

 fungsi IC 78xx dan 79xx

Data di atas sangat penting untuk anda pahami terkait fungsi dan perbedaan IC regulator 78xx dan 79xx. Namun di antara berbagai jenis IC tersebut, terdapat empat jenis IC yang paling populer dan telah di gunakan oleh banyak orang khususnya teknisi elektronika. Empat IC yang paling populer di kalangan para teknisi elektronika di antaranya adalah IC 7805, 7809, 7905, dan 7909. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai ke empat IC tersebut.

  • IC 7805 yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC +5 volt
  • IC 7809 yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC +9 volt
  • IC 7905 yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC -5 volt
  • IC 7909 yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC -9 volt
Baca Juga :  Rangkaian Seri Dan Paralel

Jika anda ingin mengetahui info detail mengenai masing-masing IC regulator tersebut, anda dapat langsung mencari info datasheets nya. Misalkan anda ingin mencari sebuah info detail tentang sebuah IC 7805, anda dapat menulis kata kunci “datasheet IC 7805” pada kolom pencarian Google, dan secara otomatis Google akan memunculkan info-info tentang datasheet lengkap mengenai IC tersebut.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Pengaman Rangkaian Listrik Yang Perlu Anda Ketahui

IC Regulator voltase sering di gunakan pada sebuah rangkaian Power supply. Dan berikut ini adalah sebuah skema rangkaian Power supply sederhana yang menggunakan IC Voltage regulator 7815.

fungsi IC 78xx dan 79xx voltage regulator 7815

Rangkaian Power supply di atas mampu menghasilkan sebuah tegangan output sebesar 15 volt DC dari tegangan awal 220 volt AC.

Pastinya anda telah paham tentang fungsi dan perbedaan fungsi IC 78xx dan 79xx Voltage regulator, terutama untuk para teknisi pemula yang ingin mempelajari tentang IC Regulator. Semoga bermanfaat.

­

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.