Fungsi Rotor Current Meter

Diposting pada

Pengertian Rotor Current Meter

Rotor Current Meter yang disingkat sebagai RCM adalah sebuah alat oseanografi untuk melakukan mooring oseanografi pengukuran aliran arus dalam laut dan mempelajari tentang arus laut lebih mendalam.

Rotor Current Meter
Rotor Current Meter

Bagian utama RCM

Bagian penting pada RCM adalah:

  • Unit perekam (recorder),
  • Baling-baling pendeteksi kecepatan arus air,
  • Baling-baling untuk menentukan arah aliran.
Baca Juga :  Tentang Orifice, Nozzle dan Meter Aliran Venturi (Flow Rate Venturi)

Pasokan tenaga listrik tersimpan pada unit baterai, bagian penting yang lain adalah: konverter analog ke digital, sensor tambahan (untuk mengukur konduktivitas, suhu, kedalaman , dll.) dan mikrokontroler.

Cara kerja mikrokontroler pada RCM

Jam built –in memicu instrument menurut interval waktu yang telah ditetapkan (sesuai setting pewaktu) terdiri dari total enam saluran sampel secara bergantian. Saluran pertama mengirim referensi tetap untuk pengendalian dan identifikasi data, saluran 2, 3 dan 4 sebagai identifikasi pengukuran suhu, konduktivitas, dan kedalaman.

Baca Juga :  Pengertian dan Tujuan Dokumen Cable Schedule 

Sementara saluran ke 6 merupakan vektor rata-rata kecepatan arus dan arah. Data-data yang didapat diatas secara berurutan di kirimkan ke Data Storage Unit (DSU).

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.