Fungsi Transistor

Diposting pada

Tabung Vakum Komponen Aktif Sebelum Ditemukan Transistor

Fungsi Transistor ~ Dulu sebelum ditemukannya transistor, satu-satunya komponen elektronika aktif yang berfungsi sebagai penguat sinyal adalah tabung vakum (tube).

Jenis Tabung Vakum

Banyak jenis tabung vakum, sama seperti transistor, pada jamannya juga mengalami revolusi dan perkembangan, mulai dari bentuk fisik, karakteristik dan kekuatan.

Ada jenis tabung vakum dengan ketinggian fisik total 4 ½ inch atau 11,4 cm hingga hanya 1 ½ inch atau 3,8 cm. Jenis penguat lawas ini bekerja menggunakan tegangan tinggi, sekitar 250 hingga 300 volt. Sehingga tidak memungkinkan untuk perangkat elektronika portable.

Baca Juga :  Komponen dasar yang di gunakan dalam sirkuit elektronika
Fungsi Transistor Jenis Tabung Vakum
Jenis Tabung Vakum

Sejarah Tabung Vakum

Pada saat kemunculannya, tabung vakum lebih banyak digunakan untuk sekedar sebagai penguat tegangan, hingga akhirnya setelah mengalami perkembangan dapat digunakan sebagai sakelar elektronik.

Komputer Menggunakan Tabung Vakum

Komputer pertama Eniac yang dikembangkan oleh Universitas Pennsylvania pada masa perang dunia kedua menggunakan tabung vakum berjumlah 18.000 buah. Dengan jumlah yang sekian banyaknya, dibutuhkan area perakitan sekitar 167 meter persegi.

Untuk menyalakan / mengaktifkan komputer Eniac, dibutuhkan daya tidak kurang dari 150 KW. Luar biasa. Butuh 15 menit untuk mencari menemukan kerusakan dari setiap masalah tabung vakum. Komputer Eniac pension pada tahun 1955.

Penggunaan tabung vakum sebagai sakelar telepon juga selesai pada tahun 1940, tergantikan oleh relay dan komponen elektro-mekanis lainnya, dengan banyak alasan, tentunya tabung vakum sudah tidak lagi menjadi pilihan.

Ditemukannya Transistor

Tahun 1947, Barden, Brattain dan Shockley menemukan Transistor (meskipun prekusor transistor MOSFET telah dipatenkan sejak 1926, tetapi tidak mungkin membuatnya pada saat itu).

Bell Labs mengembangkan berbagai jenis transistor, misalnya jenis bipolar, slikon dan MOSFET.

Fungsi Transistor Jenis Transistor
Jenis Transistor

Fungsi Transistor

Fungsi transistor yang terus berkembang memastikan dunia elektronika terus berevolusi, memungkinkan dibuatnya perangkat elektronik kecil yang portable. Seperti radio, kalkulator, komputer dll.

Komputer Transistor

Komputer transistor pertama menggunakan transistor diskrit. Kemudian berkembang menggunakan IC, diciptakan pada tahun 1958 oleh Jack Kilby dari Texas Instruments. Ini memungkinkan penempatan banyak transistor pada chip yang sama.

Ditemukan Prosesor

Pada tahun 1971 ditemukanlah prosesor pertama untuk CPU yang terdiri dari sebuah chip 4 bit 4004. Mikroprosesor 6502 digunakan oleh Aple II merupakan integrasi dari 3.510 transistor. Ini merupakan konsekuensi hokum Moore yang berbunyi : Jumlah transistor dalam IC berlipat dua kali setiap dua tahun.

Prosesor jaman sekarang adalah rangkaian dari miliaran transistor. Prosesor Intel i7, memiliki lebih dari 3 miliar transistor, sementara AMD Epyc 32-core terbaru terdiri dari 20 miliar transistor.

Jika kita bandingkan dengan Eniac, maka jumlah transistor di dalamnya berjumlah 24.500 kali lipat jumlah triode tabung vakum. Dan menjadi 3,2 miliar untuk menyamai core i7. Sementara kalua dihitung kebutuhan daya dari 150 KW menjadi 0,091 KW, atau menjadi 1650 kali lipat lebih sedikit.

Fungsi Transistor Prosesor
Prosesor

Transistor merupakan penemuan penting abad 20.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.