Fungsi Vacuum Stripping System COPS

Vacuum Stripping System COPS

Vacuum stripping berfungsi untuk mempertahankan keberadaan liquid di suction pompa, terutama di Cargo Pump. Untuk menghindari adanya non liquid atau keberadaan gas didalam pipa hisap / suction pompa.

Banyak sistem yang berhubungan dengan hal ini, meskipun terbagi dalam banyak metode tapi secara prinsip tetap sama, bahwa alat ini berguna untuk menghisap keberadaan gas yang ada di jaringan pemipaan hisap pompa. Sehingga meminimalkan terjadinya penghisapan gas yang bercampur liquid kedalam pompa sewaktu dilakukan proses pemompaan.

Vacuum Stripping

Komponen Pendukung

Komponen – komponen yang mendukung proses operasi vacuum stripping antara lain adalah:

  1. Air Gas Separator

Air gas separator adalah sebuah tangki yang berfungsi sebagai media pemilah / pemisah antara liquid dan gas yang di vacuum / dihisap dari instalasi pipa hisap / suction pompa.

  1. Level Transmitter Air Gas Separator

Berfungsi untuk mengetahui ketinggian liquid didalam tangki air gas separator, komponen ini penting sehubungan dengan fungsi kapan waktu vacuum stripping beroperasi dengan melihat ketinggian liquid di dalam tangki air gas separator.

Secara sederhana akan saya jelaskan bahwa keadaan ketinggian / level liquid di tangki air gas separator mengindikasikan kandungan gas yang ada di instalasi suction pompa, jadi pada level rendah signal dari level transmitter akan memerintahkan vacuum stripping system untuk beroperasi dengan beberapa perhitungan kontrol kontrol lain, misalnya kesiapan butterfly valve di discharge pompa telah menutup sempurna.

  1. Float valve air gas separator

Komponen inilah yang sebenarnya berfungsi memisahkan dua ruang pada tangki air gas separator. Biasanya ada dua float valve di dalam tangki air gas separator. Yang pertama adalah di bagian antara tangki atas dan tangki bawah sebagai penutup otomatis di saat tangki bawah telah di penuhi dengan liquid, yang kedua adalah di bagian atas tangki menuju vacuum pump sebagai pembuka dan penutup otomatis disaat tangki bagian atas telah dipenuhi liquid.

  1. Non Return valve

Berfungsi sebagai bypass, jadi pada waktu pompa berjalan akan selalu terjadi charge liquid kedalam tanki air separator, sehingga tetap mempertahankan keberadaan liquid di dalamnya. Pada kasusnya valve harus dalam keadaan terbuka, kecuali pada saat perbaikan air separator.

  1. Butterfly Valve Vacuum Stripping System

Komponen ini berada di discharge pompa yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup output pompa ke instalasi selanjutnya. Proses membuka dan menutup ini diperintah dari CCR (Cargo Control Room), yang diatur beberapa komponen pendukung seperti Positioner. Posisi dari bukaan valve juga memberikan signal kepada vaccum stripping system lain yang di baca melalui servo cylinder.

  1. Servo Cilinder

Adalah pembaca posisi persentase bukaan dari valve Butterfly Valve.

Baca Juga :  Cara Perawatan Plumbing: Jangan Lupa Memeriksa Instalasi Plumbing Tandon Rumahmu!
  1. Power Positioner

Adalah bagian pengaturan besaran signal yang mempengaruhi persentase bukaan Butterfly Valve (pelajari pedoman signal mode air pressure signal).

  1. Gate Valve

Terletak di antara air gas separator dan vacuum pump, sebagai pembuka dan penutup hisapan untuk tanki yang terhubung dengan dipengaruhi banyak sistem terutama dari level transmitter di tangki air gas separator. Jadi secara sederhana bahwa valve akan menutup disaat level liquid di dalam tangki air gas separator sudah penuh (sesuai settingan0.

  1. Vacuum Pump

Ini adalah komponen yang terpenting yang bertugas mengeksekusi semua perintah yaitu menghisap gas dari air gas separator.

  1. Vacuum Transmitter

Untuk membaca besaran vacuum / daya hisap di instalasi suction vaccum pump. Dengan pembacaan minus pressure yang mempengaruhi perintah ke pressure switch untuk memicu atau memutus operasional motor vacuum pump.

  1. Electric Motor

Bersama vacuum pump merupakan eksekutor utama dalam system yang berjalan sesuai perintah dari vacuum transmitter.

  1. Pressure Switch

Ini adalah bagian penghubung dan pemutus aliran listrik yang dipasokkan ke unit electric motor.

  1. Komponen bantu air system

  • Air Switch, merupakan sakelar udara,
  • Air Filter, adalah saringan udara, agar udara dari kompressor di pastikan bersih sebelum masuk ke instalasi pneumatic control di vacuum stripping system.
  • Pneumatic Regulator, adalah sebuah alat untuk menurunkan tekananpressure udara yang disesuaikan dengan kebutuhan di dalam system pneumatic di control vacuum stripping.
  • Manometer. untuk indicator besaran / porsentase tekanan dari beberapa bagian yang perlu di pantau langsung secara manual.
Baca Juga :  Jenis –jenis aliran fluida (cairan)

Catatan

Untuk merepair Vacuum Stripping for COPS ada beberapa catatan yang perlu diketahui:

  1. Vaccum Stripping System COPS dalam beroperasi memerlukan kesiapan dan ketersediaan:
  • Air Pressure Supply.
  • Sea Water Supply.
  • Electric Supply.

Dalam pengerjaan-nya akan muncul data material material yang perlu dilakukan penggantian hal ini karena mode continue system yang memungkinkan munculnya permasalahan di salah satu equipment yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Perlu histori untuk beberapa pekerjaan sbb yang terhubung.
  2. Karena sesuai hasil inspeksi telah dilakukan pengerjaan pada sub bagian pekerjaan diatas.
  3. Perlu mengetahui kesiapan pekerjaan (schedule kesiapan)
Baca Juga :  Engine Remote Control System ERC300 CP

Oleh karena Vacuum stripping system COPS, adalah sistem bersambung dan membutuhkan beberapa step pengerjaan serta kesiapan media bantu seperti yang di sebutkan di poin satu maka perlu kejelasan batasan pengerjaan sesuai yang telah terbagi dalam poin poin inspeksi diatas.

Agar tidak muncul kerancuan dalam pemahaman scoope pekerjaan.

Beberapa equipment yang berhubungan dengan sistem memerlukan kalibrasi diluar yard:

  1. Level Transmitter.
  2. Power Positioner Butterfly Valve.
  3. Vacuum Transmitter.
  4. Pressure Switch.
  5. Manometer
  6. Vacuum Indicator.
  7. Auto Manual Indicator
Loading...
loading...
3 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *