Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca / Terdeteksi di Komputer

Hardisk Eksternal tidak Terbaca ~ Salah satu alat yang bisa menjadi alternatif untuk digunakan sebagai penyimpanan data yang bisa mobile di bawa kemana-mana adalah hardisk eksternal. Saat ini peminat hardisk ekternal memang begitu banyak, terutama bagi mereka penggemar film HD yang biasanya menyimpan hingga ratusan film, bisa di bilang perangkat ini merupakan hal wajib yang harus dimiliki.

Baca Juga :  Tips Merawat Harddisk Eksternal

Namun, seperti kebanyakan perangkat elektronika lainnya, tentunya hardisk eksternal juga bisa rusak atau tidak berfungsi secara normal.

Hardisk Eksternal tidak Terbaca
Hardisk Eksternal tidak Terbaca

Hardisk Eksternal tidak Terbaca

Gejala Kerusakan Hardisk

Dan banyak sekali penyebab maupun gejala yang di timbulkan dari kerusakan tersebut, seperti misalnya gejala-gejala berikut ini.

  1. Hardisk eksternal tidak dikenali sehingga tidak terbaca oleh komputer
  2. Rusaknya komponen Hardisk eksternal
  3. Hilangnya Data pada hardisk eksternal
  4. Fisik hardisk eksternal rusak

Diantara beberapa masalah di atas yang sering dijumpai pada harddisk eksternal, ialah kondisi dimana hardisk eksternal tidak terbaca atau terdeteksi di laptop atau komputer.

Selain menjengkelkan, tentunya masalah tersebut sangat merugikan bukan, terlebih jika di dalamnya terdapat file tugas kuliah atau file pekerjaan yang teramat penting.

Lantas, sebenarnya apa sih penyebab tidak terbacanya hardisk eksternal tersebut? Nah, buat anda yang penasaran ingin mengetahuinya, berikut kami bagikan penjelasan selengkapnya. Silahkan disimak.

Berbagai Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Di Komputer

1. Port USB Rusak atau Drivernya yang Bermasalah

Salah satu yang bisa menjadi penyebab harddisk eksternal tidak terbaca/terdeteksi adalah dikarenakan adanya masalah yang bersumber dari komputer atau device tempat dimana anda akan menghubungkan harddisk eksternal tersebut.

Umunya, kesulitan yang muncul bersumber dari driver port USB yang terpasang pada komputer anda, atau mungkin secara port USB yang ada di dalam komputer anda secara fisik mengalami kerusakan, misalnya korosi, patah dan lain sebagainya.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Umumnya, masalah yang menimpa port USB komputer anda bisa terjadi karena beberapa hal.

Pertama, mungkin port USB komputer anda tersebut basah karena terkena air, atau juga bisa disebabkan terjadinya pemasangan port yang salah, karenanya, port USB anda mudah mengalami kerusakan.

Selain hal tersebut, mungkin ada yang bermasalah dari sisi software, alias drivernya, jika ini terjadi pada sisi software driver port USB komputer anda harus di perbaharui.

Tapi bisa juga terjadi karena proses menginstall yang tidak tepat, sehingga ini memungkinkan port USB anda tersebut tidak dapat mengenali harddisk eksternal.

2. Hardisk Eksternal yang Kurang Sehat

Penggunaan harddisk eksternal memiliki kesamaan dengan harddisk internal, dimana, dua-duanya memiliki level kesehatan tersendiri.

Tingkat kondisi kesehatan dari harddisk eksternal bisa dideteksi lewat software tertentu, misalnya menggunakan HDD Tune.

Umumnya, saat mendeteksi level kesehatan yang ada pada harddisk eksternal, dan hasilnya memperlihatkan level yang berarti peringatan atau warning, akhirnya, kondisi dengan level yang tidak sehat ini, otomatis akan mempengaruhi fungsi dari harddisk eksternal tersebut.

Biasanya, dengan level kesehatan harddisk yang menunjukan level warning atau peringatan, akan sulit untuk dibaca atau dikenali, dan pastinya akan sangat mudah mengalami kerusakan.

Dengan mengetahui kondisi yang tidak sehat tersebut, anda diharapkan untuk sesering mungkin melakukan pemeriksaan pada harddisk eksternal anda.

3. Hardisk Eksternal Tidak Didukung Oleh Processor

Adanya format dari harddisk eksternal yang tidak mampu dikenali oleh komputer atau processor tertentu juga bisa menyebabkan harddisk eksternal tidak terbaca.

Bisa dikatakan, apabila harddisk eksternal anda belum bisa terbaca/terdeteksi, besar kemungkinannya, masalah tersebut disebabkan karena sistem perangkat yang anda pasang tidak mendukung dalam mendeteksi keberadaan format harddisk ekternal anda.

5. Digerogoti Virus

Hal lain yang bisa menjadi penyebab harddisk eksternal kesayangan anda tidak terbaca, karena adanya virus atau malware.

Virus komputer yang biasa mengacaukan sistem saat ini sangat ganas dan berbahaya, jika anda kurang berhati-hati, virus tersebut akan mematikan sistem komputer yang anda miliki. Sangat disayangkan jika harddisk eksternal anda rusak karena diserang virus yang ganas.

Hardisk akan menjadi rusak, dan menyebabkan tidak dapat terdeteksi di sistem komputer anda. Penting untuk diketahui, membasmi permasalahan ini bisa dibilang sulit. Karena hanya orang-orang yang paham dan berpengalaman yang bisa menuntaskan virus yang menggerogoti harddisk eksternal anda.

6. Rusaknya Komponent Port USB di Harddisk Eksternal

Selain beberapa faktor eksternal di atas yang menjadi penyebab harddisk tidak terbaca, ada juga kerusakan karena faktor internal fisik harddisk itu sendiri.

Hal ini bisa terjadi, jika harddisk pernah terbentur atau terjatuh dengan keras atau karena harddisk secara tiba-tiba kehilangan pasokan listrik.

Itulah beberapa penyebab hardisk ekternal tidak terbaca / terdeteksi. Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, idealnya mulai saat ini anda bisa mengantisipasi kerusakan yang tidak di inginka.

Perlakukanlah harddisk eksternal dengan baik dan selalu hati-hati dalam menggunakannya. Karena sedikit saja ada kerusakan pada hardsik eksternal anda, maka bisa menyebabkan anda kehilangan banyak file di dalamnya.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *