Hubungan Frekuensi dan Panjang GelombangAbi Blog

Hubungan frekuensi dan panjang gelombang

Memahami Hubungan Frekuensi dan Panjang Gelombang

Artikel ini akan membahas tentang hubungan frekuensi dan panjang gelombang, frekuensi dalam satuan Hertz dan satuan turunannya dan panjang gelombang dalam satuan Lambda.
Gelombang elektromagnetik merambat melalui udara karena adanya proses saling ketergantungan mendasar dari listrik dan medan magnet yang menjadi bagian dari itu.
Medan listrik yang berubah dalam hitungan waktu menghasilkan medan magnet yang kekuatannya ditentukan oleh laju perubahan medan listrik.
Hubungan Frekuensi dan Panjang Gelombang
Hubungan Frekuensi dan Panjang Gelombang
Untuk memahami apa itu frekuensi, baca artikel ini : Apakah Frekuensi ? Pemahaman tentang Frekuensi
Dan, dalam penjelasan lengkapnya sebagai berikut, medan magnet yang berubah dengan waktu menghasilkan medan listrik yang kekuatannya ditentukan oleh laju perubahan medan magnet.
Hal ini berarti bahwa energi yang terkandung di dalam, dan dipancarkan oleh gelombang radio dibagi menjadi dua bidang.
Ketika transmisi gelombang radio, arus listrik pada antena menghasilkan medan magnet, dan tegangan pada antena yang menghasilkan medan listrik. Demikian pula, ketika menerima, terjadinya gelombang elektromagnetik pada antena menghasilkan arus listrik dan tegangan.
Jika arus dan tegangan ini memiliki ketergantungan waktu sinusoidal (sinus atau kosinus gelombang), maka beberapa menjadi sangat penting dan fenomena mendasarkan  terjadi.
Akibat pertama (laju perubahan) dari gelombang sinus adalah gelombang sinus lain bergeser dalam waktu seperempat dari periode gelombang sinus pertama. Ini berarti bahwa jika medan listrik yang berubah dalam gelombang radio adalah sinusoidal, maka begitu juga medan magnet.
Kedua bidang memiliki waktu sinusoidal yang bervariasi , pada dasarnya regenerasi terjadi diantaranya adalah di saat sama sama terpancar. Ini disebut propagasi gelombang.
Frekuensi gelombang sinus dinyatakan sebagai jumlah siklus per detik atau hertz. Periode gelombang adalah kebalikan dari frekuensi dan dinyatakan dalam detik.
Frekuensi dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut frekuensi band, bisa dibaca di sini : Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)
Panjang gelombang adalah panjang dari satu siklus gelombang yang memancar di ruang udara, atau jarak gelombang perjalanan selama satu periode. Hubungan antara frekuensi dan panjang gelombang
Hubungan frekuensi dan panjang gelombang
dimana
  • Hubungan frekuensi dan panjang gelombang  adalah panjang gelombang (m),
  • c adalah kecepatan cahaya (2,9979 × 108 m / s), dan
  • f adalah frekuensi (Hz).

Demikian pembahasan tentang hubungan frekuensi dan panjang gelombang, semoga bermanfaat.

Ingin membuat antena ? pelajari rumus-nya disini : Pemahaman dan Rumus Dasar Antena

Gearbest  promotion
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *