Pengertian dan pemahaman istilah seputar  Inert Gas System di kapal

1. Inert Gas (gas lembam)

Inert Gas adalah berarti campuran / campuran gas, seperti gas buang yang mengandung oksigen yang cukup mendukung untuk terjadinya pembakaran hidrokarbon.

2. Inert Condition (kondisi lembam)

Inert Condition berarti suatu kondisi di mana kadar oksigen di sekitar tangki telah dikurangi menjadi 8% atau artinya kurang dari jumlah volume melalui penambahan gas lembam.

Baca Juga :  Dasar Unsur / Elemen Instrumentasi Pembaca Suhu
Inert Gas Distribution
Distribution

3. Inert Gas Plant (penghasil gas lembam)

Adalah peralatan khusus yang dipasang yang berguna untuk memberi, menambah, memantau pengiriman kondisi inert ke sistem tangki kargo.

4. Distribution System (sistem distribusi gas lembam)

Adalah bagian-bagian dari sistem inert gas yang terdiri dari pipa, tubing, katup / valve, fiting – fitting, yang berfungsi untuk mendistribusikan dari inert gas plant ke tangki kargo, untuk membuang gas ke luar dan melindungi tangki dari tekanan yang berlebihan atau kondisi vakum yang berlebihan.

Inerrt Gas Control System
Control System

5. Inert Gas System

Adalah sistem yang mencakup antara perangkat penghasil dan distribusi untuk mencegah aliran balik yang bakal terjadi dari tangki kargo ke ruang mesin dan ke instrumen lain serta perangkat kontrol pendukung.

6. Inerting

Proses mengkondisikan gas di dalam tangki hingga kondisi lembam.

Plant
Plant

7. Gas Freeing (bebas gas)

Memberikan udara segar ke dalam tangki dengan tujuan membuang gas beracun, gas mudah terbakar, dan inert meningkatkan jumlah oksigen ke 21 % dari volume.

8. Purging (pembersihan)

Pemberian masukan inert gas ke dalam tangki yang sudah dalam kondisi lembam dengan tujuan:

  1. Mengurangi kandungan oksigen yang ada, dan
  2. Mengurangi kandungan gas hidrokarbon yang ada ke tingkat terendah, sehingga kebakaran tidak akan terjadi di dalam tangki.

Inert Gas Plant

9. Topping Up

Memberi masukan gas ke dalam tangki yang sudah dalam kondisi inert dengan tujuan untuk meningkatkan tekanan tangki dan mencegah masuknya udara.

Itulah pengertian, dan istilah -istilah yang berhubungan dengan sistem penanggulangan bahaya yang diakibatkan oleh gas di kapal. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *