Instrumentasi elektronika (Electronic Instrumentation)

Diposting pada

Instrumentasi elektronika (Electronic Instrumentation)

    Dewasa ini pengukuran alat alat mekanikal dan elektrikal sebagian besar dilakukan dengan menggunakan instrumentasi elektronik (electronic instrumentation), bukan lagi menggunakan perangkat-perangkat pengukuran kuno seperti beberapa tahun yang lalu.
Instrumentasi elektronika (Electronic Instrumentation)
    Sebagian besar alat-alat pengukuran yang digunakan pada masa kini adalah hasil penggabungan antara sebuah perangkat mekanis dan beberapa elemen deteksi elektronik (electronic sensing element).
    Beberapa teknisi / ahli instrumentasi menggunakan alat-alat terbaru ini untuk pekerjaan kalibrasi khusus meskipun beberapa masih menggunakan alat elektronik dasar, dengan pembacaan yang masih di hitung secara manual oleh pengguna.
   Penting untuk mengenal beberapa alat atau perangkat pengukuran instrument dasar yang umum di gunakan dan melatih membiasakan diri dalam berbagai kegiatan pengukuran instrumentasi.
    Ada berbagai macam alat pengukuran instrumentasi yang dijual di pasaran pada saat ini. Namun beberapa alat yang paling penting dan utama yang harus dikenali adalah antara lain sebagai berikut ini:
2. Frekwensi Counter (Frequency Counters),
3. Oscilloscop,
4. Perekam Jalur Grafik ( Strip Chart Recorders),
5. Fungsi Generator ( Function Generators),
6. Spectrum Analyzers.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.