Insulation tester

Insulation tester

   Sudah dapat di pastikan bahwa semua instalasi listrik komersial, industri maupun perumahan dan peralatan di dalamnya baik dan buruknya kwalitas tergantung pada nilai insulation yang tentunya sesuai dengan ketentuan pertimbangan dan tegangan operasi normal yang terdapat pada peralatan tersebut.

    Peraturan nilai insulation adalah minimum 0,5Mohm tahanan isolasi untuk
operasi sampai dengan 500Volt.
Insulation tester
   Jika tahan/resistansi/hambatan antara positive power, netral dan ground mempunyai nilai rendah atau dibawah operasi normal maka kebocoran arus akan terjadi dan selanjutnya akan menyebabkan kerusakan pada kabel sendiri, perkakas yang dipasok dan tentunya keamanan.
   Kualitas nilai isolasi kabel menentukan tinggi rendahnya keamanan karena rendahnya nilai isolasi dapat menyebabkan panas dan api yang berakibat terjadinya kebakaran dalam waktu tertentu.
   Untuk memastikan bahwa isolasi kabel bagus maka perlu di adakannya pengetesan tahanan, yang sudah disebutkan dalam pengaturan pengkabelan.
   Bagaimana cara kerja alat uji isolasi ( Insulation Tester)?
   Alat penguji isolasi/tahanan menghasilkan tegangan DC sebagai outputnya yang ketika terhubung dengan materi yang di uji akan menghasilkan kebocoran arus yang mengalir.
   Aliran arus yang dihasilkan oleh karena tegangan Insulation Tester, dihitung dengan hukum Ohm yaitu:
   V=IR
   Insulation Tester kemudian menghitung dan menampilkan nilai tahanan isolasi dalam OHM atau lebih dari megaohm.
Insulation Resistance=test Voltage / Measured Current
   Nilai yang diukur umumnya di tampilkan dalam tampilan digital maupun konvensional berupa skala pointer.
   Tetapi penunjukan denga pointer analog lebih disukai oleh pengguna karena berbagai alasan misalnya penunjukan analog pointer lebih cepat menunjuk pada nilai yang pasti.
   Kekurangan dari analog pointer adalah ketidakmampuan dalam membaca yang kemudian merekam nilai nilai tertentu, terutama dimana beberapa skala yang tercetak pada penunjukan busur yang sama.
   Sementara itu tampilan digital memberukan tampilan yang te[pat , praktis dan nilai yang terukur dan secara signifikan memang lebih kasar.
kestidak stabilan digit sering menjadi masalah dalam pemakaian tampilan digital.
   Tapi dalam perkembangan teknik modern dalam beberapa tahun terakhir, mulai diciptakannya penggabungan kelebihan dari kedua metode diatas, dan memperkenalkan Analog ARC yang mengandung liquid crystal electronic analogue. Pointer yan dikombinasikan dengan tampilan digital.
   Kelebihannya adalah:
   1. memiliki bagian yang bergerak,
   2. dapat memantau dan mengubah pembacaan nilai,
   3. Pada saat yang sama bisa mencatat nilai yang akurat sekali.
   Menggunakan Insulation Tester dengan hasil terbaik
   Tentunya menjadi pertimbangan besar dalam pemilihan tester dalam waktu pembelian, dengan memperhatikan fungsi tambahan seperti Penguji Tegangan dll.
   Tetapi banyaknya product Insulation tester memaksa untuk berhati hati dalam memilih, pastikan ketepatan penunjukan nilainya, merk yang sudah terakui. karena ketidak pastian / ketidak akuratan penunjukan nilai tentunya akan benar benar menjadi masalah bagi pengguna,
   Hal lain yang perlu di perhitungkan adalah keawetan Insulation Tester.
Saat ini hampir semua produk Insulation Tester yang beredar dipasaran memiliki menu atau fitur yang lengkap, termasuk mengukur kontinuitas atau resistansi rendah dan suara beep dibawah nilai tertentu, yang memungkinkan kwantitas pengujian bertambah.
   Insulation Tester biasanya di gunakan pada saat tidak ada power di sekeliling atau tidak ada lampu, gelap karena tidak mungkin melakukan pengetesan sebuah panel utama dalam keadaan power hidup. Hal ini dapat di antisipasi dengan pemilihan Insulation Tester yang memiliki lampu backlight, sehingga bisa memberikan penerangan pada saat pembacaan nilai.
   Insulation tester sudah merupakan peralatan yang penting dalam instalasi kabel maupun perkakas listrik.
   Berbagai pertimbangan di atas adalah acuan untuk memilih Insulation Tester dengan memperhatikan fungsi, fitur, keamanan dan keawetan.
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *