Internet Kuantum Akan Tiba, Apa sih Keistimewaannya?

Ya teknologi terbaru “ Internet Kuantum ”. Apa itu? Dan kenapa harus menggunakannya?

Internet kuantum mengandalkan dasar mekanika kuantum dalam menyembunyikan data dari mata-mata. Kriptografi kuantum merupakan salah satu sistem komunikasi yang paling aman hingga saat ini. Dan prinsip-prinsip teknologi ini kelak akan sangat mungkin digunakan pada jaringan data yang membutuhkan keamanan ekstra.

Baca Juga :  Mengapa iPhone 8 Meledak?

Apa sih Internet Kuantum

Lalu apa yang dimaksud dengan internet kuantum itu? Pada dasarnya, saat partikel saling berhubungan inilah yang disebut keterikatan kuantum, ini sama persis dengan awal dimulainya teknologi internet yang kita pakai selama ini.

Untuk mempermudah cara pemahaman yang baik tentang teknologi ini, mari kita lihat contoh yang sesuai dan telah terbukti.

Baca Juga :  Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 serta Cara Memaksimalkan Kinerjanya

Beberapa waktu lalu seorang fisikiawan berasal dari China meluncurkan satelit kuantum yang pertama di dunia. Satelit ini dirancang untuk mampu menerima bit informasi yang dikodekan dalam foton pada cahaya infra merah.

Teknologi ini terus dalam tahap pengembangan yang diyakini mampu mengirim data yang lebih aman daripada sistem yang telah ada. Seperti penjelasan fisikiawan tersebut bahwa mereka mengirim foton yang terjebak diantara satelit dan stasiun di darat / bumi.

Baca Juga :  Fungsi dan jenis kabel instalasi data

Jadi sederhananya seperti ini : mengirim surat melalui komunikasi kuantum seperti sebuah surat yang dilindungi oleh foton sebagai layaknya amplop. Jadi isi pesan di dalam amplop akan tetap aman sampai tujuan.

Internet Kuantum
Internet Kuantum

Pengembang Internet Kuantum

Pemimpin riset satelit teknologi kuantum ini adalah Jian-Wei dari Universitas Sains dan Teknologi China, berharap lebih banyak meluncurkan satelit kuantum dalam lima tahun mendatang. Dan mampu menjangkau banyak Negara pada tahun 2030, yang artinya dalam 13 tahun kedepan kita akan menggunakan internet kuantum.

Hal ini akan melibatkan banyak pihak untuk saling berbagi informasi dalam bentuk sinyal kuantum. Istilah internet kuantum adalah istilah yang belum jelas, karena belum ada definisi pasti tentang artinya. Lagipula teknologi ini baru tahap permulaan.

Salah satu kekurangan dari pertumbuhan teknologi ini adalah para fisikiawan belum mampu mengendalikan atau memanipulasi sinyal kuantum dengan sempurna. Meskipun satelit kuantum telah dapat mengirim dan menerima sinyal, namun tidak dapat menyimpan informasi kuantum.

Hingga saat ini penyimpanan kuantum terbaik hanya bisa menyimpan informasi kurang dari satu jam. Para pengembang teknologi ini juga belum yakin bagaimana cara mengiorimkan sinyal antara kode kuantum untuk web mendatang.

Ini teknologi anyar, dan tentunya masih banyak membutuhkan waktu, bahkan jika jaringan dengan teknologi baru ini dimulai pada tahun 2030 perlu menyelaraskan dengan teknologi jaringan klasik agar keduanya bisa saling terhubung, seperti menghubungkan ke jaringan kuantum untuk mengirim pesan menggunakan kriptografi kuantum.

Semuanya membutuhkan proses dan penelitian yang panjang dan itu telah dilakukan oleh para ahlinya, sebagai pengguna internet, kita hanya menunggu dan mengikuti up date dari penemuan para periset-periset tersebut.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *