Ion Elektron, apa yang dimaksud ionisasi dan Ionisasi spesifik?

Ion Elektron

Apa yang dimaksud ionisasi?

Ionisasi adalah menghilangya satu atau lebih elektron dari atom netral. Hilangnya elektron dari atom netral menyebabkan hilangnya jumlah muatan negatif pada atom tersebut sehingga atom menjadi bermuatan positif (ion positif).

Apa yang dimaksud Ionisasi spesifik?

Ionisasi spesifik adalah bahwa jumlah pasangan ion yang dihasilkan per-sentimeter perpindahan melalui sebuah materi. Rumus untuk pernyataan ini adalah:

Ionisasi spesifik = pasangan ion yag dihasilkan / panjang path (pengantar)

Yang mempengaruhi ionisasi spesifik adalah : massa, muatan, energi partikel dan kerapatan elektron materi. Semakin besar massa partikel maka semakin besar interaksi yang dihasilkan pada jarak tertentu.

Baca Juga :  Definisi Instrumentasi dan Spesifikasinya
Ion Elektron, apa yang dimaksud ionisasi dan Ionisasi spesifik?
Ion Elektron, apa yang dimaksud ionisasi dan Ionisasi spesifik?

Besarnya interaksi antar ion berpengaruh terhadap hasil pasangan ion, semakin tinggi interaksinya maka semakin menghasilkan pasangan ion dan ionisasi spesifik.

Muatan sebuah partikel juga memiliki efek besar terhadap ionisasi spesifik. Muatan yang besar akan meningkatkan jumlah interaksi yang terjadi pada jarak tertentu. Tingkat jumlah interaksi menghasilkan ion yang lebih sehingga meningkatkan ionisasi spesifik.

Jumlah energi partikel menghasilkan pasangan ion lebih untuk jarak yang sama. Partikel seperti magnet, Sebagai sebuah magnet melewati tumpukan klip kertas, magnet menarik klip. Menjaga jarak yang sama dari tumpukan dengan variasi kecepatan magnet. Perhatikan semakin lambat magnet yang melewati tumpukan klip kertas, maka semakin banyak klip melekat pada magnet. Hal yang sama berlaku dari lewat partikel oleh sekelompok atom pada jarak tertentu. Lambat partikel dalam perjalanan, akan mempengaruhi atom lebih bayak.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *