Istilah dan definisi yang berhubungan dengan Stainless Steel 2

Diposting pada

– Magnetic Permeability

Pengujian untuk menentukan tingkat kekuatan magnet.

– Marine Quality

Istilah ini bisa berbeda-beda tergantung aplikasi fiting dan hardware yang iasanya dibuat dari bahan stainless steel tipe 316 untuk menahan korosi. Mur,.baut dan pengencang lainnya serta barang-barang yang memerlukan kekuatan biasanya terbuat dari stainless steel tipe 304 (18-8).

– Molybdenum

Biasanya diseut sebagai moly, molydenum adalah logam yang ditambahkan pada stainless steel tipe 316 untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi terhadap klorida dan sulfat, terutama asam belerang pada industri pulp.

Molybdenum juga membantu mengurangi kekerasan dan meningkatkan kekuatan tarik pada suhu yang lebih tinggi.

Istilah dan definisi  yang berhubungan dengan Stainless Steel 1
Istilah dan definisi  yang berhubungan dengan Stainless Steel 2

– Monel

Monel diciptakan oleh International Nickel Co, pada dasarnya monel terbuat dari dua pertiga bahan nikel dan sepertiganya adalah bahan tembaga.

Baca Juga :  Cara Membuat PlumbingInstalasi Pipa pada Praktik Plumbing

Monel memiliki kekuatan yang baik, ketahanan korosi yang sangat baik terhadap air garam dan suhu tinggi, namun sangat mahal.

– Passivating

Passivating adalah istilah yang sangat membingungkan karena dalam penggunaan umum memiliki arti yang bereda dengan definisi teknis.

Secara teknis, passivating adalah sebuah proses mencelupkan alat kelengkapan ke dalam larutan asam nitrat secara cepat untuk membentuk oksida kromium pada permukaannya, menciptakan lapisan pasif yang berguna untuk melindungi baja dari oksidasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Pengertian, macam, jenis dan karakter Stainless Steel

Dalam istilah umum passivating adalah membersihkan.

– Passive Film

Karakteristik utama stainless steel adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan tipis sebagai perlindungan yang disebut lapisan pasif pada permukaan luarnya.

Ini hasil film dari proses yang berkelanjutan dari oksidasi tingkat rendah, sehingga oksigen dari atmosfir yang dibutuhkan untuk pasif film ada. Setelah terbentuk, mencegah oksidasi lebih lanjut atau korosi, jika terkelupas atau tergores maka pasif film baru akan terbentuk kembali.

– Pickling

Pickling adalah menghapus kotoran permukaan dengan menggunakan bahan kimia.

– Pitting Corrosion

Pitting mengarahkan korosi jauh ke tempat yang terlokasi. Kotoran atau lemak pada bagian-bagian tertentu dari pengikat dapat menghalangi oksigen dari permukaan tersebut, sehingga menghambat film pasif yang melindungi baja dari korosi.

Baca Juga :  Tandon Air Dari Bahan Stainless, Fiber Glass atau Polyethlene yang Terbaik? Berikut Penjelasannya

– Proof Load

Proof Load adalah sebuah ujian beban tanpa menunjukkan deformasi yang signifikan.

– Solution Anneal

Solution Anneal adalah sebuah proses dan menghapus precipitans karbida (karbon yang telah rusak dan lepas dari stainless steel) dengan memanaskan hingga suhu 1.850F dan pendinginan secara cepat, biasanya dimasukkan kedalam air sehingga kadar karbon akan kembali ke dalam stainless steel.

– WLL

WLL adalah singkatan dari Work Load Limit, ini adalah batas berat yang direkomendasikan untuk penggunaan yang aman.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.