Istilah Listrik Yang Wajib Di Ketahui Untuk Pelanggan PLNAbi Blog

Daftar Istilah Listrik Yang Wajib Di Ketahui Untuk Pelanggan PLN

Daftar Istilah Listrik Untuk Pelanggan PLN. Pelanggan listrik PLN pasti sering menjumpai istilah-istilah umum pada bidang kelistrikan. Namun tentunya sebagai pelanggan PLN Anda belum tentu paham mengenai apa arti atau definisi dari istilah tersebut. untuk itu didalam artikel ini akan didefinisikan mengenai istilah yang sering digunakan oleh pihak PLN.

Baca Juga :  Solusi Ketika Listrik Rumah Mati
Istilah Listrik Yang Wajib Di Ketahui
Istilah Listrik Yang Wajib Di Ketahui

Daftar Istilah Listrik

1. Alat Pembatas dan Alat Pengukur

Biasa disingkat dengan PPP, adalah sebuah alat milik PLN yang mempunyai fungsi untuk membatasi daya listrik yang dipakai dan juga untuk mengukur energi listrik yang dipakai.

2. Ampere

Ampere atau A adalah satuan arus listrik.

3. Biaya Beban

BB atau biaya beban adalah suatu biaya yang tercantum dalam rekening listrik yang mempunyai besaran yang tetap. Biaya beban dihitung dari daya yang terselubung.

4. Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatan merupakan biaya yang timbul karena pelanggan tidak memenuhi kewajibannya terhadap PLN, yaitu tidak membayarkan tagihan listrik tepat pada waktunya. Biaya keterlambatan juga biasa disebut dengan BK.

5. Biaya Penyambungan

Merupakan salah satu kewajiban pelanggan untuk membayarkan biaya penyambungan (BP) kepada pihak PLN oleh calon pelanggan untuk mendapatkan pelayanan berupa pemasangan baru atau bisa juga untuk menambahkan daya.

6. Curah

Merupakan salah satu golongan pada tarif PLN untuk keperluan penjualan secara curah kepada pemegang izin usaha.

7. Current Transformer

Biasa juga disebut trafo arus, mempunyai fungsi untuk menurunkan arus listrik untuk keperluan pengukuran energi.

8. Daya Tersambung

Merupakan suatu besaran daya yang disepakati oleh PLN dan pelanggan dalam suatu perjanjian jual beli tenaga listrik yang nantinya menjadi dasar perhitungan biaya beban.

9. Jam Nyala

Adalah pemakaian kWh yang dibagi dengan kVa tersambung dalam satu bulan. Sedangkan arti dari kVa dapat Anda lihat di bagian selanjutnya.

10. Jaringan Tegangan Ekstra Tinggi (JTET)

Merupakan jaringan tenaga listrik yang dioperasikan dengan tegangan ekstra tinggi. Jaringan ini mencakup pada seluruh bagian jaringan beserta perlengkapannya.

11. Jaringan Tengah Malam

Merupakan jaringan tenaga listriik yang dioperasikan dengan tegangan malam mencakup seluruh bagian jaringan beserta perlengkapannya.

12. Jaringan Tegangan Rendah

Adalah jaringan tenaga listrik yang dioperasikan dengan jaringan tenaga rendah, mencakup seluruh bagian jaringan beserta perlengkapannya.

13. Jaringan Tegangan Tinggi

Adalah jaringan tenaga listrik yang dioperasikan dengan tenaga jaringan listrik yang mencakup seluruh bagian jaringan beserta dengan perlengkapannya.

14. Jaringan Tenaga Listrik

Jaringan tenaga listrik merupakan penyaluran atau pendistribusian tenaga listrik milik PLN.

15. Kilo Meter Sirkuit

Satuan panjang suatu jaringan transmisi atau distribusi suatu tenaga listrik tiga fasa.

16. Kilo Volt Ampere

Satuan daya yang berarti seribu volt ampere.

17. Pajak Penerangan Jalan Umum

Pajak penerangan jalan umum atau PPJU merupakan pajak yang dibayarkan oleh semua pelanggan PLN kepada pihak PLN. Nantinya pajak ini akan disalurkan kepada pemerintah oleh PLN.

18. Papan Hubungi Bagi

Atau biasa disebut PHB adalah bagian dari instalasi listrik yang dimiliki oleh pelanggan yang nantinya digunakan untuk membagi-bagikan aliran listrik.

19. Pemutusan Rampung

Merupakan suatu tindakan penghentian untuk seterusnya penyaluran tenaga listrik dari PLN ke instalasi pelanggan dengan cara mengambil seluruh atau sebagian dari peralatan yang dapat menyalurkan tenaga listrik yang dilakukan pihak PLN.

20. Pemutusan Sementara

Adalah pemutusan listrik yang dilakukan oleh PLN, namun pemutusan ini hanya dilakukan sementara.

21. Penerangan Jalan Umum

Merupakan penerangan jalan umum yang dipasang resmi oleh pihak pemerintah yang listriknya dari PLN.

22. Potensial Transformator

Adalah sebuah trafo tegangan, yang merupakan suatu alat yang berguna untuk menurunkan tegangan listrik khusus untuk pengukuran energi listrik, peralatan pengaman, atau pengendalian listrik lainnya.

23. Sambungan Tenaga Listrik

Adalah penghantar yang bisa diletakkan diatas tanah atau dibawah tanah sebagai instalasi PLN. Penghantar tersebut merupakan sambungan antara jaringan tegangan listrik miliki PLN dengan instalasi pelanggan.

24. Tagihan Listrik

Tagihan yang dijatuhkan kepada pelanggan atas pemakaian daya listrik tiap bulannya.

25. Tarif Dasar Listrik

Merupakan ketentuan pemerintah mengenai harga jual tenaga listrik dan golongan tarif yang disediakan oleh PLN.

Itulah beberapa daftar istilah yang biasa digunakan pihak PLN. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat mengetahui dan memahami istilah-istilah tersebut. semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *