Jenis dan macam boilerAbi Blog

Jenis dan macam boiler

Secara mendasar Boiler diklasifikasikan oleh tingginya suhu air dan besarnya tekanan uap (steam). Pemisahan jenis boiler selanjutnya adalah berdasar jenis logam yang dipakai untuk membangun konstruksinya, ada berbagai bahan / material konstruksi boiler, antara lain:

Bahan pembuat Boiler

Beberapa jenis logam yang biasa dipakai untuk merancang unit boiler antara lain:

  1. Besi cor,
  2. Besi Baja,
  3. Tembaga.
Baca Juga :  Alat-alat Pengatur Udara dalam Sistem Pneumatik

Bahan bakar Boiler

Klasifikasi selanjutnya adalah dilihat dari jenis bahan bakar utamanya sebagai elemen penting pada pembakaran, bahan bakar boiler biasanya antara lain adalah:

  1. Minyak,
  2. Gas,
  3. Listrik,

Klasifikasi yang lain adalah metode hubungan api atau air ke unit tabungnya, yaitu: metode firetube atau watertube.

Jenis boiler menurut klasifikasi tinggi rendahnya tekanan uap / steam

  • Boiler tekanan rendah adalah jenis boiler yang dirancang untuk menghasilkan uap hingga bertekanan 15psig atau pemanasan pada air hingga suhu 250 hingga tekanan 160psig.
  • Boiler tekanan menengah adalah jenis boiler yang dirancang untuk menghasilkan tekanan uap diatas 15psig atau pemanasan pada air dengan suhu 250 hingga tekanan diatas 160psig.
Baca Juga :  Standard ANSI dan tabel data ANSI

Konstruksi boiler biasanya menggunakan besi cor atau baja yang dilas sebagai bahan utamanya. Lihat gambar dibawah, terdiri dari bagian-bagian yang terpisah yang digabungkan menggunakan mur baut atau paku keling. Jumlah bagian-bagian tersebut bervariasi tergantung kapasitas boiler.

Sementara boiler dari baja memiliki konfigurasi yang bermacam, bebrapa merk dari pabrikan pembuat, sengaja dibuat dalam satu unit dalam bentuk jadi dalam pengirimannya, seperti pada gambar berikut:

Baca Juga :  Wifi Gratis Bisa Sangat Merugikan Anda
Boiler Baja
Boiler Baja

Gambar diatas adalah boiler jenis firetube, gas pembakaran dan gas buang secara substansial dikelilingi oleh air. Hasil pembakaran disalurkan melalui tabung yang ditata dengan arah aliran bolak balik dari depan ke belakang dan seterusnya atau dari atas ke bawah dan seterusnya hingga keluar dari unit boiler. Disebut sebagai boiler empat-pass.

Boiler firetube

Banyak diproduksi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tungku pembakaran eksternal dselubingi atau dikelilingi air,
  • Memiliki lubang khusus untuk pembersihan di bagian belakang ,
  • Beroperasi dengan volume air yang rendah dan memiliki respon yang cepat.

Boiler watertube

Jenis boiler watertube adalah boiler dengan bodi baja yang digunakan untuk persyaratan kerja yang tinggi, kapasitasnya hingga lebih dari 2.000.000 BTU per Jam (Btu/h). Boiler ini menggunakan tungku air-cooled yang berguna untuk memperpanjang umur dinding tungku dan refraktori.

Boiler Watertube
Boiler Watertube
  • Boiler dengan modular kecil, air panas boiler dihitung dari 200.000 hingga 900.000 Btu/h. Boiler ini tersedia dengan efisiensi bruto hingga 85% atau lebih. Seperti gambar dibawah ini, sebuah fitur boiler modular yang khas:
Boiler Modular
Boiler Modular

Boiler ini sering digunakan untuk menyediakan air panas untuk pemanas ruangan atau air panas domestik.

Misalnya: jika beban pemanasan dirancang sebesar 2.000.000 Btu/h, dibutuhkan empat buah boiler dengan kapasitas 600.000 Btu/h. Memungkinkan untuk mengoperasikan penuh atau hanya beberapa unit saja pada saat kurang pemakaian pada hari tertentu.

  • Beberapa boiler modular memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat kecil dan perpindahan panas yang sangat cepat sehingga aliran air harus dipastikan sebelum pembakaran dimulai.
  • Proses Boiler tenaga listrik adalah memanaskan air untuk menghasilkan uap dengan mengkonversi listrik menjadi panas melalui elemen resistansi atau elektroda.

Boiler listrik adalah boiler paling efisien karena semua daya yang dikonsumsi langsung menghasilkan air panas atau uap. Kerugian panas pada jacket dan isolasi dapat diabaikan dan tidak ada yang terbuang.

  • Proses kerja boiler elektroda adalah seperti gambar dibawah ini:
Boiler Elektroda
Boiler Elektroda

Menggunakan beberapa elektroda yang terendam di dalam air, arus listrik yang melompat antara elektroda menghasilkan panas pada media yang dilalui tersebut, dalam hal ini adalah air.

Boiler jenis elektroda tersedia dalam kapasitas 11.000kW. Boiler resistansi memiliki nilai elemen resistansi yang tenggelam / masuk ke dalam air, tapi arus listrik tetap terisolasi dengan air dan diproduksi dalam ukuran sampai dengan 3.000kW.

Elemen listrik dan elektroda biasanya dikelompokkan untuk memberikan empat atau lebih tahap pemanasan, mengaktifkan tahap pemanasan yang diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan suhu yang diharapkan.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *