Jenis Generator Listrik dan Fungsinya

Diposting pada

Salah satu komponen listrik yang cukup popular ini dinamakan Generator Listrik. Generator ini berfungsi untuk menjadi penggerak atau motor utama yang merubah gaya listrik menjadi mekanik atau gerak.

Sumber energi yang di dapat dari jenis komponen generator ini juga bermacam-macam. Misalnya pada kincir angina, gaya listrik terjadi Karena berputarnya kincir angina.

Generator Listrik
Prinsip Generator Listrik

Cara kerja generator listrik

Berdasarkan pada hukum Faraday yang menyatakan bahwa, suatu penghantar yang berputar atau di putar di dalam medan magnet maka akan menghasilkan gaya listrik, ketika terjadi pemotongan gaya-gaya magnet pada ujung penghantarnya.

Baca Juga :  Motor Testing

Ada 4 jenis generator listrik, di antaranya:

  1. Berdasarkan putaran medannya generator ini dibagi menjadi 2 yaitu; generator sinkron dan asinkron.
  2. Berdasarkan jenis arus yang di bagikan yaitu generator AC dan DC.
  3. Berdasarkan jenis fasa ada satu dan 3 fasa.
  4. Berdasarkan model rotornya yaitu; rotor kutub menonjol dan silindris (rata).
  5. Berdasarkan letak kutubnya generator juga dibagi menjadi dua yaitu; generator kutub luar yang mana medan magnetnya ada pada bagian rotor yang berputar dan generator kutub luar yang mana medan magnetnya terletak pada bagian yang tidak berputar (stator).
Baca Juga :  Kapasitor Bank

Prinsip kerja pada generator umumnya adalah dengan pergerakan dari magnet ke rotor menuju ke kumparan pada stator. Tegangan yang di hasilkan dari DC (direct current) yang ada di penguat medan pada rotor menghasilkan medan magnet.

Untuk penguatnya sendiri dihasilkan dari tegangan dan arus yang terjadi pada stator. Seperti kumparan stator pada generator listrik yang mempunyai tiga fasa, sifat tegangannya juga sama dihasilkan dari arus bolak balik DC dan AC.

Baca Juga :  Pendingin Hidrogen pada Generator Listrik

Automatic voltage regulator adalah rancangan komponen listrik yang berfungsi untuk mengontrol tegangan output pada stator generator listrik. Setiap generator yang memiliki penguat sendiri sudah pasti di rancang dilengkapi dengan AVR ini.

Sedangkan generator yang memiliki penguat terpisah akan diberikan arus tegangan dari sistem penyearah yang dialirkan ke penguat medan magnet.

Nah semoga penjelasan kami tentang generator di atas dapat memberikan informasi yang cukup bagi Anda ya?!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

One thought on “Jenis Generator Listrik dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.