Jenis –jenis aliran fluida (cairan)

Diposting pada

Berbagai jenis aliran fluida, macam sifat-sifat aliran cairan atau fluida dalam ilmu fisika antara lain adalah kestabilan / kemantapan cairan, pemampatan cairan, kekentalan cairan, dan perputaran cairan.

Fluida atau cairan yang bergerak bisa menyebabkan reaksi yang disebut turbulensi, bagaimana hal itu terjadi ? Kembali bahwa cairan yang bergerak bisa menjadi sangat kompleks dalam mempelajarinya.

Jenis aliran
Jenis aliran berputar

Jenis Aliran Fluida (Cairan)

Baca juga : Rumus persamaan menghitung diameter orifice untuk cairan

Kemantapan cairan

Mantap dan goyah-nya jenis aliran disebabkan oleh kecepatan fluida yang mana :

Fluida dikatakan stabil / steady atau mantap jika kecepatan alirannya adalah konstan. Dan fluida dikatakan goyah / tidak mantap / unsteady / unstabil ketika kecepatan aliran antara dua titik adalah berbeda.

Contoh kecil yang dapat kita temui sehari-hari adalah aliran di sungai dekat rumah kita: Aliran yang tidak stabil akan menyebabkan terjadinya pusaran kecil.

Mungkin kita membayangkan kelipatan dari putaran tersebut seperti pusaran air yang besar, yang mungkin sering terjadi pada media cairan yang sangat luas misalnya tengah samudra.

Kemampatan cairan

Cairan adalah zat yang hampir mustahil untuk dimampatkan artinya molekul dari cairan hampir tidak mungkin untuk dirapatkan lagi, tidak seperti gas atau udara yang sedikit bisa untuk dimampatkan.

Seperti dalam instalasi hidrolik, pada dasarnya adalah jenis aliran yang dimampatkan yaitu dengan memberi tekanan pada satu titik untuk digunakan pada titik atau ujung yang lain. Tekanan akan menyebar dengan nilai tekanan yang hampir sama persis dengan sumber tekanan dimanapun sisi di sepanjang instalasi.

Baca artikel tentang fluida : Pengetahuan dasar tentang tekanan dinamis atau bergerak pada cairan

Kekentalan cairan

Cairan bisa memiliki kekentalan yang berbeda- beda. Viskositas adalah ukuran kekentalan cairan.

Viskositas sebenarnya ukuran gesekan pada cairan. Ketika aliran fluida bergerak maka terjadi gesekan diantaranya dan pada cairan yang kental nilai gesekan akan semakin besar, artinya sebuah cairan akan semakin memiliki nilai viskositas yang tinggi jika memiliki kekentalan yang semakin tinggi.

Namun viskositas juga terpengaruh oleh suhu pada fluida, karena pada cairan yang memiliki suhu tinggi akan lebih mudah meluncur atau nilai gesekan diantaranya akan semakin menurun.

Perputaran cairan.

Untuk menguji bahwa aliran bisa menyebabkan perputaran adalah dengan menaruh benda kecil ditengah aliran dan biarkan hanyut dibawa aliran.

Benda itu akan berputar, itu artinya ada perputaran pada aliran fluida.

Demikian artikel ini semoga dapat dengan mudah memahami jenis aliran fluida / cairan beserta aspek – aspek yang berhubungan.

Artikel lain yang berhubungan dengan Fluida:

Perhitungan Differential Level Transmitter Difragma Seal

Aplikasi sensor tekanan pada sistem

Mengenal fungsi dan bagian orifice plate pada flowmeter

Pengetahuan dasar tentang tekanan statik / pressure static

Dasar dasar dan jenis pengukuran aliran / flow

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.