Jenis-Jenis Dinamometer dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Dinamometer dan Kegunaannya ~ Dinamometer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur tenaga ataupun daya yang dihasilkah dari mesin sebuah kendaraan bermotor. Dinamometer juga biasa disebut dengan nama dyno test.

Dengan alat ini anda bisa mengukur putaran dari mesin dan torsi, sehingga saat suatu mesin berputar maka daya atau tenaganya dapat anda hitung dengan bantuan dynamometer.

Baca Juga :  Tips untuk Menghindari Sengatan Listrik
Jenis-Jenis Dinamometer, Bagian-bagian dan Kegunaannya
Jenis-Jenis Dinamometer, Bagian-bagian dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Dinamometer

Dinamometer sendiri mempunyai beberapa jenis yang sebaiknya anda ketahui, antara lain:

Jenis pertama dinamakan “Dinamometer mesin – engine dyno”. Dinamometer mesin dapat anda pakai untuk mengukur besar jumlah tenaga ataupun daya yang dihasilkan oleh mesin.

Dinamometer mesin biasanya akan memberikan data hasil ukur yang dapat dibaca dengan satuan daya kuda atau “horse power”. Satuan jenis ini biasanya ditampilkan dengan dua huruf, yaitu “dk”.

Sedangkan jenis yang kedua dinamakan “Dinamometer rangka – chassis dyno”, Dinamometer jenis ini dapat secara langsung mengukur daya dan torsi tanpa harus memindahkan mesin kendaraan dari rangka kendaraannya.

Dynamometer rangka biasanya dapat anda gunakan untuk mengukur daya sebenarnya yang dihasilkan sebuah montor kepada roda penggeraknya.

Cara kerjanya terbilang sederhana untuk memakai dinamometer. Tapi anda harus tahu dulu bagian-bagian dari dinamometer, sehingga saat menggunakannya tidak kesulitan.

Bagian-Bagian Dari Dinamometer

  • Gantungan, yaitu sebagai tempat untuk anda pegang supaya tidak mengganggu kinerja dari dinamometer.
  • Penunjuk skala, yaitu bagian yang akan menunjukkan hasil ukuran yang dapat anda lihat.
  • Pegas, yaitu bagian dari dinamometer yang sangat utama fungsinya
  • Skala, yaitu angka yang tertera pada dinamometer yang menunjukkan hasil pengukurannya.
  • Batang, yaitu bagian dynamometer yang membungkus pegas sehingga menjadi sebuah sistem
  • Pengait, yaitu tempat dimana benda diletakkan untuk proses pengkurannya.

Cara Penggunaan Dinamometer

Apabila anda sudah tahu bagian-bagian dari dinamometer, maka selanjutnya anda bisa langsung memakainya. Untuk memakai dinamometer, anda bisa menggerakkan dulu kendaraan dari bawah dengan dua pemutar – roller hingga roda kemudi dapat memutar penggiling.

Hubungkan dinamometer pada mesin saat kondisi kerja, ketika kendaraan dijalankan, alat uji ini akan menampilkan tenaga atau daya mesin saat bekerja, berkelok-kelok, berakselerasi, dan saat memberlambat akselerasi.

Jika sudah lihatlah skala dan catat berapa tenaga atau daya yang dihasilkan oleh mesin. Prinsip kerja dynamometer mengacu pada prinsip Hukum Hooke yang menyatakan bahwa gaya elastik sebagai penyebab getaran harmonis berbanding lurus dan berlawanan arah dengan simpangan.

Dengan menggunakan alat dynamometer, ada banyak kegunaan yang bisa anda dapatkan. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu untuk mengetahui tenaga ataupun daya pada mesin kendaraan yang ingin kita uji.

Kita mungkin tidak akan tahu seberapa tenaga yang ada pada kendaraan jika melihatnya secara manual, tetapi dengan dinamometer, besar daya tersebut dapat dilihat. Anda dapat menggunakan beberapa jenis tampilan dinamometer untuk mengukur besarnya daya.

Di pasaran biasanya menjual dua jenis, antara lain jenis dinamometer dengan tampilan digital dan jenis dinamometer dengan tampilan analog. Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda, karena keduanya tidak banyak perbedaan dalam kinerjanya.

Nah itu tadi beberapa informasi tentang alat ukur dinamometer yang dapat anda gunakan untuk mengukur tenaga atau daya pada mesin kendaraan. Jika anda menyukai berbagai hal tentang mekanik, pasti akan memerlukan alat ini.

Semoga informasi tentang Jenis-Jenis Dinamometer, Bagian-bagian dan Kegunaannya yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi anda terutama buat anda yang mencari referensi tentang dinamometer.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *