Jenis- jenis Muatan Listrik

Bagi anda yang pernah melakukan percobaan muatan listrik, tentu merasa terpesona sekaligus penasaran dengan adanya benda yang mampu saling tarik menarik atau saling tolak menolak.

Pernahkah anda merasa penasaran saat ada batang plastik yang saling tarik menarik dengan kaca? Atau mungkin pernahkah anda bertanya-tanya kenapa plastik yang digosokkan pada saat rambut kering dapat menarik potongan kertas yang berada di dekatnya?

Baca Juga :  Memahami Ilmu Sains, Teknologi, Teknik, Teknik Listrik dan Teknik Elektronika

Kenyataan-kenyataan tersebut di atas, dapat terjadi karena benda-benda tersebut memiliki muatan listrik. Lantas apakah muatan listrik itu?

Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki oleh benda dan mampu membuat suatu benda yang berada di dekatnya menjadi bermuatan listrik yang sama. Muatan listrik atom merupakan unsur terkecil yang terdiri dari nukleus atau inti suatu atom dan elektron. Inti atom adalah pusat dari suatu atom yang terdiri atas proton serta neutron.

Massa pada suatu atom terpusat pada inti karena massa elektron lebih kecil dari massa yang dimiliki oleh proton juga neutron.

muatan listrik
Listrik

Muatan Listrik

Benyamin Franklin (1706-1790) adalah seorang ilmuwan dengan kebangsaan Amerika Serikat, yang menamakan kedua jenis aliran listrik dengan listrik bermuatan positif serta listrik bermuatan negatif.

1. Muatan listrik positif

Beliau menyatakan jika muatan yang terjadi pada kaca adalah muatan positif sementara pada plastik adalah muatan yang berjenis negatif.  Benda yang memiliki muatan positif, umumnya saling tolak menolak dengan kaca yang memiliki muatan. Hal ini terjadi karena muatan sejenis, akan bereaksi dengan tolak menolak.

2. Muatan listrik negatif

Benda yang bermuatan listrik dan saling tolak menolak dengan plastik yang juga memiliki muatan, maka bisa dipastikan jika muatan benda tersebut adalah negatif. Hal ini dikarenakan muatan listrik yang sejenis akan bereaksi dengan saling tolak menolak. Sebaliknya benda yang memiliki bermuatan listrik dan tarik menarik dengan plastik yang juga bermuatan, maka bisa dipastikan jika benda tersebut bermuatan positif karena muatan yang tidak sejenis tidaklah saling menarik.

Antara plastik serta kaca yang saling menarik, mempunyai jenis muatan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ketika suatu benda saling tolak menolak dengan plastik, namun tarik menarik dengan kaca, maka benda tersebut bisa dipastikan jika memiliki muatan yang sama dengan kaca.

Namun sebaliknya, ketika suatu benda saling tolak dengan kaca namun malah tarik menarik dengan plastik maka bisa dipastikan jika benda tersebut memiliki jenis muatan yang sama dengan plastik.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.