Jenis Kabel Listrik Beserta FungsinyaAbi Blog

Jenis Kabel Listrik Beserta Fungsinya

Jenis Kabel Listrik

Fungsi utama kabel listrik adalah sebagai penghantar energi listrik, akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman fungsi kabel kini bisa juga digunakan untuk sambungan data. Berdasarkan kegunaannya kabel instalasi listrik ini dibagi menjadi tiga jenis kabel listrik, yakni NYM, NYA, dan NYY.

Mengetahui berbagai jenis kabel dan fungsinya ini, merupakan hal penting yang harus menjadi pengetahuan dasar agar Anda mudah dalam memilih kabel yang tepat dan sesuai untuk bangunan.

Jenis Kabel Listrik
Jenis Kabel Listrik

Baca juga hubungan antara ukuran kabel dan ampere : Ukuran Kabel Berdasarkan Amperenya

Lalu, Apakah Anda tahu perbedaan NYM, NYA, dan NYY? Dan apa saja fungsinya??

Berikut Penjelasan Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya :

1. Jenis Kabel Listrik NYM

Memiliki lebih dari satu inti atau penampang kawat dan masing masing kawat-nya berisolasi. Dengan memiliki tiga lapisan isolator, kabel NYM ini bisa Anda gunakan untuk luar ruangan atau di dalam ruangan. Kelebihan kabel NYM adalah karakteristik-nya yang bagus, tidak mudah putus, dan tidak mudah mengelupas.

Kabel jenis inilah yang paling banyak digunakan untuk pencabang arus listrik di rumah-rumah atau steker, selain harganya terjangkau kabel ini memiliki lapisan isolator yang kuat.

2. Jenis Kabel Listrik NYA

Memiliki inti tunggal dengan lapisan isolator yang terbuat dari bahan PVC,  jenis kabel NYA cocok untuk digunakan sebagai kabel induk pada instalasi listrik rumah Anda. Setiap kabel NYA memiliki ukuran diameter yang berbeda diantaranya 2,5 milimeter atau 1,5 milimeter.

Apabila Anda ingin menjadikan kabel NYA sebagai kabel induk instalasi rumah Anda, maka sebaiknya lapisi kabel dengan pipa instalasi agar lebih awet dan lebih aman. Karena kabel NYA ini sangat mudah pecah dan mengelupas pada bagian isolator-nya.

Baca tentang penataan kabel yang standar : Kabel Tray dan alat-alat yang dibutuhkan dalam pemasangannya

3. Jenis Kabel Listrik NYY

Karakteristik kabel jenis NYY ini sama dengan kabel NYM, hanya saja ukuran dan isolator-nya yang lebih besar, kuat,  dan tebal serta tahan cuaca ekstrem. Karena itu kabel jenis ini banyak digunakan sebagai kabel instalasi pada gedung-gedung perkantoran, apartemen, hotel, pabrik dan lain sebagainya.

Kabel jenis ini seringkali ditanam di tanah atau bisa juga di cor langsung ke dalam beton atau dinding untuk memberi nilai estetika. Harga kabel ini relatif mahal dan tidak banyak yang menggunakannya untuk instalasi listrik di rumah-rumah pribadi.

Nah, Itulah penjelasan beberapa jenis kabel beserta fungsinya, semoga ulasan pada artikel kali ini bermanfaat dan dapat memperluas pengetahuan dasar Anda mengenai berbagai jenis kabel pada instalasi rumah.

Artikel yang membahas tentang kabel yang lain :

Mengapa harus menggunakan kabel gland dalam instalasi kabel?

Pengertian dan Tujuan Dokumen Cable Schedule

Membuat Wire Scanner sederhana

Dasar-dasar perancangan Instalasi Listrik

Tabel AWG

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *