Jenis PCB Printed Circuit Board), dasar, jenis dan bagianAbi Blog

Mengenal dasar, jenis dan bagian PCB (Printed Circuit Board)

PCB Printed Circuit Board

Pengertian PCB

Apakah PCB ? PCB adalah papan rangkaian yang terbuat dari bahan isolator dan permukaannya dilapisi dengan tembaga. Apa saja jenis PCB?

PCB berguna sebagai tempat pemasangan dan penghubung komponen-komponen elektronika. Dengan menggunakan PCB, pemasangan komponen menjadi lebih aman, teratur dan praktis.

Untuk memudahkan perakitan rangkaian elektronika, permukaan PCB digambarkan tata jalur dengan spidol atau alat lain yang bisa menutupi jalur rangkaian.

Jenis PCB

1. Jenis PCB Menurut Bahan

Beberapa bahan PCB memiliki keistimewaan, yang jelas harga mewakili kualitasnya. Bahan PCB yang baik tentunya memerlukan materi pembuat yang mahal. Jenis PCB menurut bahan pembuatnya dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Fenolik

Papan fenolik merupakan PCB dengan kualitas yang lebih rendah daripada PCB fiberglass, tetapi harganya lebih murah daripada PCB fiberglass. Jenis ini banyak ditemukan di pasaran dan biasa untuk praktek pembuatan rangkaian.

b. Fiberglass

PCB jenis ini memiliki kualitas lebih baik daripada jenis fenolik. Tembaga pada PCB fiberglass lebih cepat luntur, sehingga waktu pembuatan PCB lebih cepat. Dengan harga yang lebih mahal, jenis ini kuat dan tahan terhadap panas dari komponen yang terpasang atau karena arus yang mengalir di jalur-jalur-nya.

2. Jenis PCB menurut susunannya

a. PCB Single Layer

PCB Single Layer merupakan PCB polos yang hanya memiliki 1 lapisan tembaga pada salah satu sisinya. Jenis ini bias digunakan untuk praktek – praktek pembuatan rangkaian elektronika dasar.

b. PCB Double Layer

PCB Double Layer merupakan PCB polos yang memiliki 2 lapisan tembaga pada kedua sisinya. Digunakan untuk rangkaian elektronika yang lebih rumit karena penyimpangan jalur menggunakan dua layer, hal ini akan mempermudah dan mengurangi kerumitan jalur yang sulit.

c. PCB Matrik Strip Board

PCB matrik strip board merupakan PCB yang memiliki 1 sisi tembaga dan memiliki lubang-lubang dengan ukuran normal 0,8 – 1 mm. PCB jenis ini biasanya disebut dengan prototype board. Untuk praktek dan rangkaian sederhana yang membutuhkan kecepatan persiapan board PCB, jenis ini adalah solusinya. Cukup dengan memasukkan kaki – kaki komponen ke dalam lobang – lobang dan menyambung jalur – jalurnya dengan penyolderan.

tomtop.com INT
Loading...
loading...
5 Comments

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *