Jenis Power Supply Pengertian dan FungsinyaAbi Blog

Pengertian Macam Jenis Power Supply

Jenis Power Supply

Catu daya atau yang biasa disebut Power Supply, merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan dalam dunia reparasi elektronika dan kelistrikan. Apakah Anda sudah mengetahui pengertian, macam, dan jenis Power Supply ini?

Jika Anda masih bingung dan sedang mencari informasi mengenai pengertian, macam, dan jenis Power Supply, maka Anda berada di tempat yang tepat. Karena pada bahasan kali ini kami akan membahas serba-serbi Power Supply dengan lebih jelas dan detail.

Pengertian macam jenis power supply
Pengertian macam jenis power supply

Pengertian Power Supply

Pada dasarnya Power Supply merupakan alat konverter yang diklasifikasikan menjadi tiga jenis.

Jenis Power Supply

1. Power Supply Berdasarkan Fungsinya

Power Supply berdasarkan fungsinya memiliki tiga macam varian, yakni :

a. Regulated Power Supply

Regulated Power Supply yaitu Power Supply yang mampu menjaga kestabilan tegangan serta arus listrik, sekalipun terjadi perubahan pada sumber listrik.

b. Unregulated Power Supply

Unregulated Power Supply yaitu Power Supply yang tegangannya ikut berubah ketika bebannya mengalami perubahan.

c. Adjustable Power Supply

Adjustable Power Supply yaitu Power Supply yang tegangannya dapat diatur sesuai kebutuhan Anda, dengan menggunakan sebuah alat bernama Knob Mekanik.

2. Power Supply Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya Power Supply memiliki dua macam jenis, diantaranya :

a. Power Supply Internal atau Built In

Jenis power supply ini biasanya ditanamkan ke dalam perangkat elektronika sehingga tidak terlihat secara langsung, pada beberapa perabot elektronika seperti Monitor Komputer, Televisi, Komputer Desktop atau-pun DVD Player.

b. Power Supply Stand Alone

Jenis power supply ini merupakan salah satu bentuk power supply yang terletak di luar perangkat elektronika. Contohnya, Power Supply yang sering digunakan pada servis center handphone yaitu Power Supply yang dapat diatur tegangannya.

3. Power Supply Berdasarkan Konversinya

Berdasarkan cara kerja Konversi-nya, terdapat dua macam Power Supply diantaranya :

a. Power Supply Linier

Power supply linier yaitu bekerja dengan cara meng-konversi suatu tegangan listrik secara langsung dari input-nya. Linear Regulator juga berfungsi sebagai mengubah tegangan searah atau DC yang ber-fluktuasi menjadi stabil atau konstan, dan biasanya mampu menurunkan tegangan pada DC Input juga.

b. Power Supply Switching

Power supply switching yaitu power aupply yang bekerja dengan cara meng-konversi tegangan input terlebih dahulu ke pulsa AC atau DC. Switch-Mode Power Supply merupakan jenis Power Supply penyearah yang langsung me-rectify dan mem-filter tegangan Input AC agar menghasilkan tegangan DC.

Tegangan DC itu kemudian di-switch ON atau OFF pada frekuensi yang tinggi dengan sebuah sirkuit frekuensi tinggi pula, sehingga dapat menghasilkan suatu arus AC yang dapat mengaliri Transformator Frekuensi Tinggi.

Itulah beberapa pengertian serta macam jenis Power Supply berdasarkan fungsi, bentuk, dan cara kerjanya.

Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *