Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

Diposting pada
   Resistor termasuk dalam komponen pasif dalam penjelasan artikel Pembahasan Komponen Pasif Elektronika, yang artinya komponen yang tidak dapat memperkuat atau meningkatkan arus, tegangan maupun signal dan hanya dapat menguranginya. Resistor termasuk bagian penting dalam sebuah rangkaian elektronika.    Besaran nilai pada resistor di nyatakan dalam satuan ohm di sebut juga sebagai resistansi, tahanan atau hambatan. Banyak jenis resistor berdasar dari fungsi, bahan material dan kontruksi pembuatanya. Jenis yang sering dipakai adalah resistor tetap dan resistor variable (tidak tetap) Penjelasan mendasar pada kedua jenis resistor tersebut dapat di baca dalam artikel RESISTOR.
Jenis Resistor sesuai Kontruksinya
    Fungsi resistor umumnya adalah untuk mengurangi tegangan serta kuat arus sebelum masuk ke komponen lainnya misalnya ke transistor, kondensator, induktor dan pada rangkaian sirkuit terpadu yang berfungsi untuk penguatan signal audio, radio maupun video. Dengan adanya resistor di harapkan ada penyesuaian tegangan dan arus yang di butuhkan pada rangkaian tersebut.    Macam Resistor menurut kontruksinya: ( sebagai penyempurnaan artikel “Resistor” yang telah di bahas.

1. Jenis resistor SMT ( Surface Mount Technology)

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

   Jenis ini banyak digunakan pada perangkat elektronika dewasa ini, yang merupakan jenis terbaru dengan fisik komponen yang relative kecil dapat di aplikasikan pada perangkat minimalis. Jenis resistor SMT terbuat dari bahan film resistif seperti timah oksida yang di simpan pada chip keramik kecil, yang kemudian dipotong untuk menyesuaikan nilai tahanan/ resistensi yang tepat sesuai yang di harapkan ( tergantung pada lebar dari film resistor). Toleransi yang di dapat kurang lebih 0,02%. Jenis resistor SMT ini dirancang untuk perakitan otomatis dan rasanya sulit untuk perakitan manual karena secara fisik berbentuk kecil. Resistor ini memiliki kemampuan disipasi daya yang sangat rendah.

2. Jenis Resistor Carbon Film Resistor.

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Jenis resistor yang paling murah di antara lainnya, secara kontruksi mirip dengan resistor jenis logam film namun memiliki nilai toleransi yang sangat besar hingga kurang lebih 5%. Paling cocok untuk perakitan manual karena secara fisik mudah di pegang.

3. Jenis resistor Carbon Composition Resistor

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

   Ini merupakan jenis resistor tertua, dan termasuk murah harganya. Bahan dasarnya adalah karbon yang di cetak/ di masukkan kedalam sebuah casing tubular. Pada tipe yang lama campuran karet di gunakan sebagai campuran namun pada tipe yang baru filler keramik lebih banyak di gunakan. Toleransi dari jenis resistor ini adalah kurang lebih 10% hingga 20%, merupakan toleransi yang sangat besar dan sangat cocok dipergunakan pada rangkaian dengan tegangan tinggi maupun daya tinggi . Nilai resistansi/ tahanan di tentukan oleh persentase pencampuran antara karbon dan filler.

4. Jenis resistor 1 watt resistor.

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Jenis resistor komposisi dari karbon dan film logam, tersedia dalam banyak tingkat daya dari 0,125 sampai dengan 5 watt. Pada sebuah resistor ada daya yang menghilang dan menjadi panas pada permukaannya tergantung besaran tegangan dan arus yang melaluinya. Hal ini mempengaruhi jumlah daya yang keluar yang tentunya lebih kecil dari pada daya yang masuk , dapat di hitung memakai rumus P = IV. Untuk jenis resistor ini, semakin besar nilai rating yang di harapkan maka semakin besar fisik yang harus di buata pada resistor.

5. Jenis resistor Wire wound resistor

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Secara sepintas bisa di lihat lilitan kawat pada sebuah batangan serat keramik atau gelas dan dilapisi semen tahan isolasi, kawat pada jenis resistor ini sebagai elemen resistif yang memiliki nilai tahanan berbeda pada tiap bahan yang di gunakan. Bahan yang umum di pakai adalah Nikel / Chromium ( Nichrome) atau Manganin ( Tembaga/ Nikel/mangan). Jenis resistor ini adalah jenis tahan terhadap panas namun banyak membuang daya dalam pemakaiannya sehingga sangat direkomendasikan pada pemakaian sirkut daya tinggi.

6. Jenis resistor logam Film

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Sebuah paduan nikel atau timah oksida yang melapisi batang kerami, nilai resistansinya tergantung pada ketebalan lapisan coating ( catatan: semakin tebal lapisan maka semakin rendah nilai resistansinya/ tahanannya). Jenis resistor ini menyediakan berbagai macam ukuran resistansi, dari puluhan juta ohm sampai ke nilai terendah. Penandaan warna pada bodinya dapat di baca DISINI.

7. Jenis resistor 5 watt wirewound resistor

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Jenis resistor wirewound yang memiliki ukuran fisik dan rating daya kecil dari sebuah komposisi karbon dan film karbon. Toleransi yang di dapat pada kisaran 10%.

8. Jenis resistor PCB Mount Wirewound resistor

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya
   Jenis resistor yang memiliki kisaran nilai antara 1Ω sampai dengan 50Ω . menggunakan kawat sebagai bahan resistif utama, lebih meneyerupai sebagai komponen inductor dalam beberapa hal. Sehingga tidak cocok untuk pemakaian pada frekwensi rendah sampi sekitar 1 kilohertz (kHz). Memiliki fisik yang besar yang terbungkus dalam lapisan keramik tahan api.

9. Jenis resistor High Power Metal Film

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

   Jenis logam resistor film yang mampu pada daya tinggi biasanya kurang dari 5W, tetapi memiliki toleransi yang lebih kecil.


10. Jenis resistor fusible Wirewound resistor

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

    Jenis resistor yang menggunakan spring sebagai koneksi yang melekat pada bodi resistor. Pada kondisi panas yang tidak wajar ( tinggi) pada resistor jenis ini memungkinkan mencairnya timah solder dan menghentikan aliran pada spring. Dalam hal ini perlu di perhatikan pada saat penyolderan karena berpengaruh pada spring resistor.    Sesuai kontruksi pembuatan resistor dapat di bagi menjadi berbagai macam jenis resistor, untuk mempelajari lebih lanjut tentang resistor dapat di baca artikel berikut:

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.