Jenis sensor jarak (proximity sensor) dan prinsip kerjanya

  1. Induktif dan Kapasitif (inductive capasitive)

Prinsip kerja dari jenis sensor jarak menggunakan metode induktif dan kapasitif didasarkan oleh sebuah medan elektromagnetik (field) di sekitar permukaan sensor yang ditimbulkan oleh osilator frekuensi tinggi.

Jenis materi logam yang memiliki pengaruh induktif dan materi kapasitif lainnya akan mempengaruhi amplitudo osilasi di sekitar sensor. Jadi benda-benda tersebut terdeteksi oleh sensor.

Baca Juga :  Belajar Rangkaian Elektronika Berupa Power Supply untuk Pemula

Perubahan nilai osilasi yang terjadi karena pengaruh benda-benda tersebut diidentifikasi oleh sirkuit pembatas yang mengubah keadaan output pada sensor.

Jenis sensor jarak (proximity sensor) da prinsip kerjanya
Jenis sensor jarak (proximity sensor) dan prinsip kerjanya

Jarak sensing tergantung pada bentuk aktuator, ukuran dan tentunya bahan yang digunakansesuai sifat bahan. Dibawah ini adalah tabel sifat bahan:

a. Tabel induktif sensor (sensitivitas logam)

Fe37 (besi) 1xSn
Stainless Steel 0,9xSn
Brass-perunggu 0,5xSn
Aluminium 0,4xSn
Tembaga 0,4xSn

Sn=jarak operasi/jarak sensing

b. Tabel kapasitive sensor (sensitivitas selain logam)

Air 1xSn
Plastik 0,5xSn
Kaca 0,5xSn
Kayu 0,4xSn
  1. Fotoelektrik (photoelectric)

Dengan menggunakan elemen peka cahaya untuk mendeteksi benda-benda yang terdiri dari pemancar emitter( sumber cahaya) dan receiver (penerima).

Ada tiga jenis sensor fotoelektrik yang tersedia, antara lain:

  • Direct Reflection

Antara emitter dan receiver ditempatkan pada satu posisi lurus menggunakan sumber cahaya yang dipantulkan langsung dari obyek untuk di deteksi.

  • Reflection with Reflector

Antara emitter dan receiver ditempatkan pada satu posisi diantara reflektor. Jadi benda akan terdeteksi jika ada yang mengganggu cahaya di antara emitter dan receiver (terhalang).

  • Thru Beam

Emitter dan receiver ditempatkan secara terpisah dan mendeteksi sebuah obyek ketika mengganggu cahaya antara emitter dan receiver.

  1. Magnetik (magnetic)

Jenis sensor magnetik yang digerakkan oleh adanya magnet permanen. Prinsip operasinya di dasarkan pada penggunaan reed contact, yang terdiri dari dua ferro magnetik yang memiliki tingkat relaktansi rendah, tertutup pada sebuah kaca tertutup yang mengandung inert gas.

Daya tarik timbal balik dari keduareeds di depan medan magnet yang dikarenakan induksi magnetik akan mengakibatkan terjadi kontak.

Loading...
loading...
Satu Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *