Jenis Transformator Dan Fungsinya

Diposting pada

jenis transformatortransformator atau sering disebut dengan trafo adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah taraf tegangan bolak-balik atau tegangan AC ke taraf tertentu. Komponen ini sering digunakan di hampir semua rangkaian elektronika. Ada banyak sekali jenis transformator atau trafo yang sering di jumpai. Pembagian jenis transformator dapat didasarkan oleh beberapa hal mulai dari bentuk, fungsi, struktur dan masih banyak lagi yang lain.

Jenis Transformator Step Up Dan Step Down

Pada umumnya transformator atau trafo dibagi menjadi empat jenis. Yang pertama adalah transformator step up step down. Yang kedua adalah transformator frekuensi, yang ketiga adalah transformator jenis output, dan yang keempat adalah transformator adaptor. Pertama-tama kita akan membahas tentang transformator atau trafo step up step down. Trafo step up step down dibagi berdasarkan pada hubungan antara trafo tegangan yang di gunakan dan diperlukan untuk suplai rangkaian alat elektronika tertentu.

Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis transformator dan fungsinya.

Baca Juga :  Transformator Teknik Membuat Aktivitas Lebih Mudah

jenis transformator step up jenis transformator step down

Berdasarkan fungsi tersebut, trafo dibedakan menjadi dua macam yaitu trafo step up dan trafo step down. Trafo step up adalah jenis trafo yang memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan AC ke nilai tertentu. Misalkan listrik dari PLN memiliki tegangan 220 volt, sedangkan alat elektronika membutuhkan tegangan 240 volt, maka di butuh kan trafo step up untuk menjalankannya. Jumlah lilitan sekunder yang ada pada trafo step up ini memiliki jumlah yang lebih banyak daripada lilitan primer. Trafo ini banyak diaplikasikan pada jaringan-jaringan pembangkit listrik serta alat elektronika yang memerlukan tegangan tinggi seperti inverter, televisi, dan lain-lain.

Setelah kita membahas tentang trafo step up, kali ii kita akan membahas tentang trafo step down. Jenis trafo ini mempunyai fungsi untuk menurunkan nilai tegangan AC. Misalkan listrik dari PLN memiliki tegangan 220 volt, sedangkan alat elektronika membutuhkan tegangan 110 volt, maka diperlukan sebuah trafo step down untuk menjalankannya. Trafo ini banyak diaplikasikan pada alat-alat elektronika yang merupakan tegangan rendah.

Baca Juga :  Rangkaian Dasar Power Suplai

Pembagian jenis trafo berikutnya adalah jenis trafo frekuensi yang berdasarkan pada seberapa besar frekuensi trafo tersebut bekerja. Jenis trafo ini terbagi lagi menjadi tiga macam yaitu trafo frekuensi rendah, menengah dan tinggi.

  • Trafo frekuensi rendah adalah sebuah transformator yang bekerja pada frekuensi radio yaitu antara 20 Hz sampai dengan 20 KHz. Ciri-ciri dari trafo ini biasanya memakai inti besi lunak.
  • Trafo frekuensi menengah. Trafo jenis ini adalah jenis trafo yang bekerja pada frekuensi menengah. Trafo ini biasa di gunakan untuk perangkat radio AM/FM yang bekerja pada frekuensi 455 MHz/10,7 MHz. trafo ini biasa di sebut trafo IF atau intermediate frequency.
  • Trafo frekuensi tinggi. Adalah jenis trafo yang bekerja di frekuensi tinggi dan biasanya digunakan untuk osilator atau pembangkit frekuensi.

Trafo jenis Output. Trafo ini memiliki bentuk yang identik dengan jenis trafo lainnya. Trafo ini memiliki lilitan koil yang terbuat dari bahan nikelin yang memiliki fungsi untuk menentukan besar kecilnya arus yang masuk. Trafo ini banyak di aplikasikan pada alat-alat elektronika yang berkaitan dengan suara seperti radio, tape recorder, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Standard Operating Transformator Tegangan Menengah

Trafo adaptor. Adalah jenis trafo yang berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC.  Trafo ini memiliki dua jenis lilitan yaitu lilitan primer dan sekunder. Lilitan primer pada trafo ini berfungsi untuk menerima arus listrik AC 110 volt sedangkan lilitan sekunder menghasilkan arus DC sebesar 4 hingga 12 volt. Yang terakhir adalah trafo switching. Trafo ini banyak digunakan pada power supply berteknologi switching. Trafo dengan jenis ini menggunakan system pembangkit frekuensi tinggi yang efisiensinya lebih baik dibandingkan dengan trafo pembangkit frekuensi rendah.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.