Kapal Perang Perusak Tercanggih Dunia dari USA, Inggris, Rusia, JepangAbi Blog

5 Kapal Perang Perusak Tercanggih Di Dunia

Kapal perang perusak merupakan armada militer yang sangat penting bagi suatu negara, untuk mengamankan wilayah perairan dan melakukan operasi-operasi militer lautan lainnya.

Perkembangan kapal perang perusak kini semakin canggih dengan ukuran yang semakin besar dan tentu saja dengan peralatan persenjataan yang semakin canggih pula.

Untuk mengetahui kapal perang perusak tercanggih yang ada saat ini, simak ulasan 5 kapal perang perusak tercanggih di dunia berikut ini.

5 Kapal Perang Perusak Tercanggih Dii Dunia

Kapal Perang Perusak Tercanggih di Dunia

1. Kelas Zumwalt (Amerika Serikat)

Kapal perang perusak tercanggih yang pertama dimiliki oleh Amerika Serikat yakni kapal perang Kelas Zumwalt.

Kapal yang dibangun oleh General Dynamics Bath Iron Works ini memiliki panjang 186 meter, lebar 24 meter dengan bobot mencapai 15.610 menjadikannya kapal perusak terbesar di dunia.

Tidak hanya ukurannya yang besar, kapal yang diawaki oleh 158 kru ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih.

Teknologi seperti sistem peluncur rudal vertikal 80-cell, dua close-in gun system (CIGS) 30 mm, dua senjata 155 mm, modus siluman, sistem anti kapal selam, sistem anti kapal permukaan, sistem tenaga elektrik terintegrasi dan sistem pengendali kerusakan merupakan beberapa fitur canggih yang diusung oleh kapal perusak ini.

Baca Juga :  Pengertian Bioteknologi Beserta Pemanfaatannya Dalam Kehidupan

Tidak hanya berteknologi canggih, kapal perusak yang dihargai 4 miliar dollar atau sekitar 44,8 triliun rupiah ini juga mampu membawa :

  • Satu helikopter MH-60R dan
  • Tiga helikopter tanpa awak (VTUAS) atau dua helikopter MH-60R
  • Mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot.

2. Kelas Daring/Type 45 (Inggris)

Kapal perang perusak tercanggih selanjutnya yakni kapal perusak Kelas Daring/Type 45 yang dimiliki oleh Angkatan Laut Inggris.

Kapal perusak yang dikembangkan oleh BAE Systems Surface Ships ini dibekali dengan berbagai persenjataan dan teknologi canggih.

Sistem peluncur vertikal Sylver A50, sistem peluncur rudal Aster, sistem pertahanan udara Sea Viper (PAAMS), rudal anti kapal Harpoon, meriam 4,5 inci, dua senjata Oerlikon 30 mm.

Senapan mesin, senjata Mark 8 dan dua Phalanx CIWS merupakan sistem persenjataan canggih yang dimilikinya.

Untuk mempercepat laju pelayaran, kapal ini juga dibekali dengan sistem propulsi elektrik terintegrasi (IEP) yang membuatnya mampu melaju dengan kecepatan 27 knot.

Kapal yang mampu membawa 190 kru ini memiliki ukuran dan kapasitas bahan bakar yang lebih besar dibandingkan varian sebelumnya type 42

Dengan bobot yang mencapai 8.500 ton menjadikannya sebagai kapal perang perusak terbesar dan tercanggih yang dimiliki Angkatan Laut Inggris saat ini.

Baca Juga :  Sistem Kendali Otomatis Pada Produk Elektronika

3. Kelas Udaloy II-Project 1155.1 (Rusia)

Angkatan Laut Federasi Rusia juga memiliki kapal perang perusak canggih yang diberi nama Kelas Udaloy II-Project 1155.1.

Kapal perang perusak yang merupakan versi pembaruan dari kapal perusak Udaloy I ini memiliki bobot 8.900 ton serta mampu berlayar dengan kecepatan 32 knot.

Kapal perusak Kelas Udaloy II yang dikembangkan di galangan kapal Yantar (Kaliningrad) juga dilengkapi persenjataan canggih untuk menghalau musuhnya baik dari permukaan maupun dari dalam laut.

Sistem rudal permukaan ke udara Kinzhal, rudal Kortic, torpedo anti kapal selam, sistem pendeteksi rudal jarak pendek CIWS, peluncur roket anti kapal selam, senapan mesin dan hanggar untuk dua helikopter merupakan sistem persenjataan canggih yang dimiliki kapal perusak ini.

4. Kelas Atago (Jepang)

Kapal Kelas Atago merupakan salah satu kapal perang perusak tercanggih di dunia yang dimiliki oleh Angkatan Laut Bela Diri Jepang (JMSDF).

Kapal perang yang merupakan versi pembaruan dari kapal perang kelas Kongo ini memiliki panjang 165 meter dan mampu berlayar dengan kecepatan 20 knot.

Kapal Kelas Atago dipersenjatai dengan sistem persenjataan canggih seperti sistem tempur Aegis, rudal anti kapal, meriam 20 mm, senapan mesin, Type 68 triple torpedo tubes, senapan Mark 45 Mod 4 127 mm dan helipad untuk satu helikopter.

Baca Juga :  Perbedaan Pelindung Layar Tempered Glass dengan Anti Gores Biasa

5. Kelas Kee Lung (Taiwan)

Kapal perang perusak tercanggih selanjutnya Kelas Kee Lung merupakan kapal perusak terbesar yang dimiliki Angkatan Laut Taiwan.

Kapal yang mampu membawa 363 personel ini memiliki bobot 9.574 ton serta mampu berlayar dengan kecepatan 33 knot.

Kapal ini dilengkapi dengan sistem komunikasi dan persenjataan canggih seperti dua senjata 127 m, dua Mark 32 triple tubes, dua perangkat CIWS.

Rudal permukaan ke udara, rudal jarak jauh anti kapal serta hanggar untuk dua helikopter.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *